Gelar Ini Baru Pertama Diberikan LAM

0
380
TERIMA GELAR : Mantan Kasal RI, Laksamana Dr Marsetio saat menerima gelar adat Melayu dari LAM Kepri di Gedung Daerah, beberapa waktu lalu. f-istimewa/humas lantamal iv tanjungpinang

Sri Perdana Wira Negara untuk Wapres RI

Sejak Lembaga Adat Melayu (LAM) di Kepri dibentuk, gelar Sri Perdana Wira Negara belum pernah diberikan. Padahal, dua pejabat negara sudah pernah diberi gelar Melayu di Kepri, namun bukan gelar yang satu ini.

LINGGA – SEBELUMNYA, dua pejabat negara yang sudah menerima gelar adat Melayu. Gelar Datok Wira Lela Segara diberikan LAM Kepri kepada mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI, Laksamana Dr Marsetio.

Sebelum menjadi Kasal, Marsetio sebelumnya bertugas sebagai Danlantamal IV Tanjungpinang. Sehingga, Marsetio sendiri cukup dekat dengan masyarakat Melayu. Kemudian, Perhimpunan Zuriat Agung Kerajaan Riau Lingga juga menyerahkan gelar Datok Perdana Satria Wangsa kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Pemberian gelar itu merupakan adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun. Tito dianggap banyak jasa untuk Kepri. Mabes Polri telah mendirikan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Tanjungbatu Kepri, juga putra-purti Kepri banyak direkrut menjadi anggota Kepolisian serta Polda Kepri dinaikkan dari Tipe B ke Tipe A dan Kapolda pun sudah berpangkat Irjend.

Untuk Wakil Presiden JK, penganugerahan gelar Melayu akan dilakukan pengurus LAM Provinsi Kepri. Ketua LAM Kepri, Abdul Razak AB mengatakan, mereka sedang mempersiapkan penyerahan gelar itu. Dan prosesi adat akan dilakukan di Daik, Lingga. Adapun gelar yang akan diberikan adalah ‘Sri Perdana Wira Negara’.

Ketua Panitia Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) Lingga tahun 2017 mengatakan, gelar penyerahan gelar itu diberikan untuk memuliakan jabatan JK sebagai Wakil Presiden RI.

Ketua LAM Lingga ini menambahkan, pemberian gelar adat Melayu kepada JK akan dilakukan saat kehadirannya di Kabupaten Lingga untuk membuka PPTMA. ”Jadwal kehadiran Wapres di Lingga sudah ditetapkan, Minggu 19 November,” ucap Ishak.

Pemberian gelar Sri Perdana Wira Negara dimaksudkan agar si penerima gelar mendapat kehormatan dan mendatangkan keberuntungan kepada penerima gelar. Secara langsung akan membawa kehormatan dan keberuntungan untuk masyarakat Indonesia umumnya dan Kepri secara khususnya. ”Gelar ini belum pernah diberikan kepada siapapun. Semoga dengan menyandang gelar ini membawa tuah bagi JK,” imbuhnya.

Pemberian gelar adat Melayu kepada JK adalah usulan dari LAM Lingga kepada LAM Kepri. Usulan pemberian gelar kepada JK disambut baik LAM Kepri. Sebelum memutuskan memberikan gelar kepada JK, telah dilakukan pembahasan yang mendalam oleh LAM Kepri dan LAM kabupaten/kota di Kepri dan tokoh masyarakat.(TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here