Generasi Muda Harus Memahami Alquran

0
59
H Syahrul menyerahkan piala bergilir Walikota ke H Ahadi untuk dipertandingkan kembali. F-ist/humas pemko tanjungpinang

Gubernur dan Walikota Buka MTQ Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIII Kota Tanjungpinang resmi dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun di Terminal Sungai Carang, Kamis (5/4) malam. MTQ kali ini menghadirkan penceramah agama ustaz H. Abdul Wahab Sinambela, LC, MA

Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun mengatakan melalui pelaksanaan MTQ dapat perkuat generasi muda dengan memahami Alquran.

”Generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun juga diperkuat dengan ilmu agama untuk menjadi fondasi dalam kehidupan. Saya berharap kedepan generasi muda Kota Tanjungpinang dapat memahami isi dari kandungan Alquran dan terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme,” ungkapnya.

Nurdin juga mengatakan MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat.

”Alquran pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Nurdin.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul menyampaikan melalui MTQ ini diaplikasikan dalam kehidupan agar tercipta masyarakat yang Qurani.

”Dalam konteks pembangunan, MTQ merupakan wahana untuk menciptakan masyarakat dan generasi qurani, mampu menyerap nilai-nilai dan kandungan Alquran sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen perubahan sosial dalam pola kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Syahrul juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafilah.

”Selamat bertanding kepada seluruh kafilah, semoga dapat menjadi yang terbaik untuk mewakili Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bintan pada akhir April mendatang,” ucapnya.

Pada MTQ ini terdapat beberapa cabang dan golongan yang akan dilombakan meliputi tilawah dewasa dan anak-anak, cabang hifzil quran golongan 1, 5, 10, 20, 30 juz dengan tilawah, cabang tafsir bahasa Arab, cabang tahfizul hadist 100 dan 500 hadist tanpa sanad, lomba qasidah dan marawis, pawai taruf dan bazaar.

Tema yang diangkat pada MTQ tahun ini adalah ”Dengan semangat MTQ XIII Tahun 2019 kita jadikan Alquran sebagai sumber inspirasi pembangunan guna mewujudkan Tanjungpinang yang religius dan berbudaya”.

MTQ dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Kepulauan Riau dan Walikota Tanjungpinang yang juga didampingi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang beserta pimpinan FKPD. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here