Geopark Global, Target Pemerintah Pusat

0
440

NATUNA Wajah Terdepan Indonesia

November 2018 lalu, sejumlah titik di Natuna sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Targetnya, akhir tahun ini harus bisa ditetapkan sebagai Geopark Global.

NATUNA – NATUNA sebagai daerah perbatasan dan wajah terdepan Indonesia selalu mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Daerah ini diperkuat dari berbagai sisi. Termasuk sektor wisatanya.

Geopark akan menjadi salah satu pintu masuk turis ke Natuna. Apalagi jika sudah ditetapkan sebagai Geopark Global, maka mata dunia akan tertuju ke daerah ini. Nama Natuna akan terdengar kemana-mana.

Bupati Natuna Hamid Rizal menyebutkan, upaya menggolkan Natuna sebagai Geopark Global Natuna (GGN) menjadi prioritas nasional. Saat ini Natuna masih dalam status Geopark Global Nasional Natuna.

Ia menjelaskan, alam Natuna memiliki aneka ragam hayati yang harus dilestarikan. Mulai dari yang berada di ruang udara, puncak gunung hingga ke alam bawah laut, warisan leluhur dan adat budayanya.

Baca Juga :  RUU Kepulauan Dibahas 2019

”Secara geologis Natuna sudah mencukupi syarat sebagai sebuah site Geopark Global. Tim ahli nasional dan global dari UNESCO sudah turun langsung melakukan observasi ke Natuna,” kata Hamid di Gedung Sri Srindit Ranai, kemarin.

Selanjutnya, kata Hamid, Natuna ini memiliki nilai lebih di hadapan Pemerintah Indonesia. Nilai-nilai itu terkandung pada sisi kemaritimannya, wilayahnya sebagai perbatasan dan letak geografisnya sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) serta potensi alamnya yang berlimpah dan lain sebagainya.

Pemerintah Indonesia juga menganggap Natuna sebagai wajah Indonesia yang harus dikelola dan dipoles sedemikian rupa untuk keperluan berbagai aspek secara nasional seperti keperluan strategi pertahanan dan keamanan, industri perminyakan, basis kemaritiman nasional, alur perdagangan internasional dan aspek-aspek nasional lainnya.

Baca Juga :  Satu Korban Laka Maut Siswa Pusantren Bintan

”Pemerintah juga hendak menjadikan Natuna ini sebagai segmen diplomasi nasional terhadap dunia internasional karena Natuna berada di perbatasan dan jalur pelayaran udara dan laut internasional. Makanya kami diprioritaskan,” jelasnya.

Dengan demikian, pemerintah telah menargetkan Natuna bisa gol sebagai Geopark Global menjelang penghujung tahun ini. Pemerintah daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri dan pusat tengah berupaya secara intens untuk mencapai target tersebut.

”Banyak daerah yang antre masuk assessment Geopark Global hingga bertahun-tahun, tapi kita di Natuna yang diprioritaskan. Mudah-mudahan upaya ini bisa mendapatkan hasil sesuai target,” harapnya.

Pengangkatan status Kawasan Natuna menjadi Geopark Nasional ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Komite Nasional Geopark Indonesia akhir November lalu.

Inilah angin segar bagi Natuna untuk terus melanjutkan program yang didukung oleh lintas sektoral pemerintahan ini.

Baca Juga :  Semua Gajinya di DPRD Dibagi ke Warga

Pencanangan kawasan Natuna menjadi Geopark Nasional memang sudah lama dilakukan. Dengan berbagai sosialisasi, kajian-kajian, dan berbagai rekomendasi, akhirnya secara administrasi dan teknis kawasan Natuna disetujui sebagai Geopark Nasional Indonesia.

Geopark merupakan sebuah konsep manajemen pengembangan suatu kawasan (dengan luas tertentu) secara berkelanjutan yang memadu-serasikan tiga keanekaragaman alam, yaitu geologi (geodiversity), hayati (biodiversity) dan budaya (cultural diversity).

Ada beberapa Geopark Nasional yang ditetapkan di Natuna yakni, Senubing (Bunguran Timur). 2. Taman Batu Alif (Bunguran Timur). 3. Gua dan Pantai Bamak. 4. Tanjung Datuk (Bunguran Utara) dan lainnya.(HARDIANSYAH-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here