Germas Harus Berikan Kontribusi Hidup Sehat

0
60
KEGIATAN sosialisasi terkait Forum Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Germas tahun 2019. f-istimewa

ANAMBAS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Sahtiar SH MM, meminta program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gernas) harus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Sehingga, segala program kerja harus direncanakan sejak awal.

Hal ini dilakukan agar Gernas dapat memberikan kontribusi yang sangat nyata untuk hidup sehat bagi masyarakat.

”Saya minta kegiatan ini harus disosialisasikan sejak awal, agar nantinya seluruh masyarakat dapat mengetahuinya,” kata Sahtiar, saat membuka acara itu Forum Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Germas tahun 2019, di Aula Kantor Bupati, Selasa (5/3).

Ia menyampaikan, Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa.

Selain itu, gerakan ini bertindak dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

”Tujuan Germas adalah, untuk menurunkan risiko utama penyakit menular dan tidak menular. Terutama melalui intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan, memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga, meningkatkan aktivitas fisik teratur dan terukur dan lainnya,” ucap dia.

Katanya, Pemerintah Pusat dan Daerah membuat kebijakan yang berwawasan kesehatan, mensosialisasikan ke jajarannya sekaligus melaksanakannya.

”Di lingkup akademisi, dunia usaha dan organisasi masyarakat harus dilibatkan. Untuk mensosialisasikan di lingkungannya, dan jaringannya masing-masing serta melaksanakannya. Sedangkan individu, keluarga dan masyarakat menerapkan Germas dengan berperilaku hidup sehat,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, yakni perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau yakni Susilo, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala OPD lainnya serta Organisasin Masyarakat (Ormas) lainnya. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here