Gratis Tambah Daya Tahun Depan

0
968
DISKUSI: Manager SDM dan Umum PT PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau (Kepri), Dwi Suryo Abdullah (kiri depan) diskusi dengan M Nur Hakim didampingi rombongan dari PLN, Selasa (28/11). F-ABAS/TANJUNGPINANG POS

Manajemen PLN Riau-Kepri Kunjungi Kantor Harian Tanjungpinang Pos

PLN akan melakukan penyederhanaan golongan pelanggan listrik 1.300-3.300 VA di tahun 2018. Penyederhanaan ini berlaku kepada pelanggan golongan 900 VA non subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA menjadi 4.400 VA bahkan menjadi 5.500 VA ke atas.

TANJUNGPINANG – Sementara golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, dan golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Jadi, pelanggan PLN yang memiliki kapasitas daya listrik rendah dan merasa butuh untuk tambah daya listrik PLN, bisa mengajukan permohonan naik daya ke kantor PLN atau melalui permohonan online perubahan daya.

Hal ini diungkapkan Manager SDM dan Umum PT PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau (Kepri), Dwi Suryo Abdullah, saat berkunjung ke Kantor Harian Tanjungpinang Pos, Selasa (28/11). Ia didampingi Manager Area PLN Tanjungpinang wilayah kerja Kepri kecuali Batam, Fauzan, Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi Area PLN Tanjungpinang M Anson dan Mamat. Tamu PLN Riau-Kepri langsung disambut General Manager Tanjungpinang Pos M Nur Hakim, Asisten Manager Iklan Syaifullah dan Redaksi Pelaksana (Redpel) Abas.

Baca Juga :  Drainase di Atas Bahu Jalan

”Cadangan listrik yang semakin banyak kini memungkinkan adanya penambahan daya oleh masyarakat tanpa terkena biaya,” bebernya.

Penyederhanaan golongan pelanggan listrik sukarela dan tidak ada paksaan. Ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Menteri ESDM. Penyederhanaan golongan pelanggan listrik, misalnya dari 1.300 VA ke 4.400 VA atau ke 5.500 VA, biaya gratis tahun depan.

Kalau sekarang pelanggan meminta penambahan daya akan dikenakan diskon 28 persen saja. Sedangkan tarif penyederhanaan golongan pelanggan listrik 1.300 VA ke 4.400 VA atau ke 5.500 VA tarifnya sama dengan tarif lama, artinya penambahan daya dan tarifnya tetap.

”Ini mulai berlaku tahun depan,” bebernya.

Ia juga membeberkan kondisi listrik di Kepri sambut Natal dan Tahun Baru aman. Hanya di Tanjungbatu Karimun yang mengalami daya pas-pasan, karena ada pembangkit listrik yang mengalami gangguan. Supaya suplai listrik tetap aman di Tanjungbatu, PLN akan mendatangkan mesin pembangkit dari Karimun.

Baca Juga :  Waspada, Hasil Pengukuran ISPU Kondisi Udara Tidak Sehat

”Karimun kemarin kita suplai 17 mesin baru, 10 mesin sudah terpasang dan tujuh mesin sudah di tes pengoperasinaya,” tegasnya. Di Tanjungpinang sendiri, beban puncak mencapai 70 hingga 75 Megawatt. Sedangkan persedian daya listrik saat ini tersedia 250 Megawatt. Artinya, kondisi listrik sudah aman, tidak ada defisit daya lagi.

Listrik yang ada di Tanjungpinang-Bintan tetap di suplai dari interkoneksi listrik Batam-Bintan. ”PLN saat ini terus memperbaiki jaringan agar bila ada petir, listrik tidak padam semuanya,” bebernya. Ia juga mengimbau bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya di Pulau Bintan, tidak perlu ragu lagi, listrik sekarang sudah lebih baik lagi.

Kata dia, selama tahun 2018 ini, PLN Riau-Kepri telah mendatangkan 88 mesin pembangkit untuk Kepri. Terbanyak di tempatkan di Karimun ada 17 unit, sisanya tersebar di seluruh pulau-pulau di Kepri.

Baca Juga :  Korem 033/WP Pererat Kekompakan Bersama GM FKPPI

Bahkan tahun 2019 mendatang, seluruh desa di Kepri akan dialiri listrik. Begitu juga di Natuna dan Anambas, persediaan listrik terus bertambah. ”Kepri akan berkembang karena persedian listrik tidak ada masalah lagi,” harapnya.

Sementara itu, Fauzan menambahkan kalau masyarakat mengajukan penambahan daya sekarang dikenakan diskon 28 persen. Tapi, kalau tahun depan melakukan penambahan daya, biaya gratis. Ia juga membeberkan secara keseluruhan listrik di Kepri aman. Soal tunggakan pembayaran yang belum dibayar oleh pelanggan saat nihil kecuali di Natuna.

Ada beberapa pelanggan di Natuna menunggak salah satu faktornya karena lokasi pembayaran jauh ke kota. ”Kalau ada yang mau menambah daya silahkan ke kantor PLN,” bebernya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here