Gubenur Minta Dukungan Regulasi

0
600
RAPAT KERJA: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat mengikuti Rapat Kerja Pemerintah 2017 di Istana Negara, Selasa (24/10) siang. f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta dukungan sejumlah regulasi dan dukungan infrastruktur kepada Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapat Kerja Pemerintah 2017 di Istana Negara, Selasa (24/10) siang.

JAKARTA – Dengan regulasi dan dukungan yang diberikan, pergerakan ekonomi Kepri akan semakin laju dan ekonomi akan semakin tumbuh. Cita-cita untuk menjadikan Kepri sebagai titik utama Indonesia sebagai poros maritim dunia segera terealisasi.

”Presiden minta daerah konsentrasi pada pertumbuhan ekonomi dan saya yakin dengan diberikannya sejumlah regulasi dan dukungan pembangunan infrastruktur untuk Kepri, pertumbuhan ekonomi akan kembali tinggi,” kata Nurdin usai menghadiri RKP di Istana Negara.

Baca Juga :  Nurdin & OPD Jemput Masalah dari Anambas

Nurdin pada RKP itu menjadi salah satu Gubernur yang diberi kesempatan berbicara dan bertanya. Dia minta sejumlah regulasi yang sesuai dengan potensi yang memang ada di Kepri. Termasuk pembangunan infrastruktur yang kini dikerjakan sejumlah kabuoaten kota di Kepri.

Di antara yang diajukan Nurdin adalah regulasi untuk pusat logistik, energi, ke pelabuhanan. Termasuk pelabuhan bertaraf internasional. Nurdin juga minta agar izin tangkap untuk kapal ikan 30 GT diserahkan saja ke pemerintah provinsi.

”Kita juga minta regulasi pengelolaan labuh jangkar segera diselesaikan,” kata Nurdin. Sehingga, kata Gubernur, jasanya bisa diambil pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga :  Supriyono dan Kendy Gantikan Borman-Rahma

Selain itu, Nurdin minta pelabuhan entri poin kapal-kapal pesiar ke Kepri. Apalagi Kepri semakin mengandalkan sektor kepariwisataan dan kemaritiman.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 41 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan.

”Terima kasih Pak Presiden,” kata Nurdin.

Nurdin juga menyebutkan Kepri juga sudah mengajukan beberapa KEK yang semuanya untun meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dia antara yang diajukan adalah KEK di Pulau Asam, KEK Pariwisata untuk Anambas. Juga Natuna dan Lingga.

Baca Juga :  Jaga Kebocoran Lego Jangkar

Pada kesempatan tersebut, banyak hal yang ditekankan Presiden memang sedang dipersiapkan dan dilaksanakan di Kepri. Presiden Jokowi, misalnya menyampaikan segera mengeluarkan Perpres untuk membangun sistem e-procurement, e-planning, e-budget sehingga mengurangi korupsi. Kepri sendiri, di akhir tahun ini sudah menekankan bahwa e-planning dan e-budgeting harus sudah jalan.

”Jangan ada yang bermain dengan anggaran, karena itu Presiden ingin sistem terus diperkuat,” kata Bupati Karimun dua periode ini.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here