Gubernur Ajak Daerah Ikut Beli Saham

0
597
MENINJAU: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau kinerja pegawai di beberapa OPD, belum lama ini. f-HUMAS PEMPROV KEPRI

Provinsi Kepri akan Bentuk Bank Syahriah

Batam – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berencana Kepri akan memiliki bank berbasis Syahriah. Ini dipilih karena sedang populer di tengah masyarakat.

”Memang ada keingin kita bersama akan membangun dan membeli bank syariah. Supaya ada produsen ekonomi baru di Kepri. Itu bisa jadi ikon baru di Kepri,” ungkap Nurdin, Jumat (24/3).

Disebutkan, karena sedang naik daun, bank syariah bisa menggejot ekonomi Kepri. Sebab, bank syariah memiliki sistem pengelolaan keuangan berbasis syariat Islam.

”Nanti Bank Riau mengadakan rapat komisaris dengan pemegang saham, mereka menyerahkan ke pemerintah provinsi. Jadi nanti ada Bank Riau Kepri dan ada Bank Syariah Kepri,” katanya.

Dituturksannya, dari sebelumnya rencana Kepri membeli bank itu ada, hanya saja sudah dibatalkan beberapa tahun lalu. Kedepan direncanakan dapat terealisasi.

Terkait untuk anggaran, diakuinya masih belum dibahas. Namun rencananya akan mengundang kabupaten-kota di Kepri untuk membicarakan rencana itu. Serta meminta untuk berinvestasi atau memiliki saham.

”Nanti kita bicarakan. Sekalian kita akan bentuk komisaris dan menyiapkan langkah kedepan,” harapnya.

Sementara Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, mereka siap untuk berinvestasi di Bank Syariah Kepri. Hanya saja menunggu kesiapan provinsi terkait pembentukan bank itu nantinya. Pada prinsipnya, Pemko Batam tinggal menunggu.

”Kalau diminta, siap masukin modal,” kata Rudi.

Ditempat berbeda, sehari sebelumnya, saat menunggu Presiden RI, Joko Widodo di Galang, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengungkapkan rencana pembentukan Bank Syariah Kepri. Jumaga sudah menyampaikan hal itu ke Rudi.

”Pak Wako, kita lagi dorong pembentukan bank Kepri. Tapi banknya syariah,” ucap Jumaga saat bertemu Rudi.

Menanggapi hal itu, Rudi menyambut baik. Bahkan saat itu Rudi menyebutkan karena akan ada Musrenbang, rencana itu bisa disampaikannya agarnantinya masuk dalam perencanaan.

Ia menilai jika potensi Kepri memiliki bank sendiri sangat besar, karena ada tujuh kabupaten-kota di Kepri.

”Bagus itu. Gaji semua PNS di Kepri bisa lewat bank itu. Dana APBD juga bisa disitu. Rp500 miliar, bisa membentuk bank Syariah,” kata Rudi kepada Jumaga.

Pemerintah Kota Batam, menyatakan siap ikut serta berpartisipasi jika rencana Provinsi Kepri, memiliki Bank Syariah Kepri terealisasi.

Nurdin Basirun, mengakui kalau rencana itu sudah dibicarakan di tingkat provinsi. Perlu pembahasan dan mengundang seluruh stakeholders.(Martua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here