Gubernur Ajarkan Konsep Agribisnis

0
612
Penyuluhan: Gubernur Kepri H Nurdin basirun berdialog dalam acara penyuluhan tata cara bertani dengan konsep agribisnis dengan petani Bintan Buyu, Senin (6/11) kemarin. F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – GUBERNUR H Nurdin Basirun mengajarkan warga Bintan bertani yang tepat untuk menjalankan agribisnis yang menguntungkan. Nurdin juga menyarankan pemanfaatan teknologi pertanian agar kualitas dan kuantitas produksi pertanian terus meningkat.

Menurut Nurdin, pasar pertanian di Kepri masih cukup luas. Kebutuhan beberapa produk pertanian tidak perlu lagi didatangkan dari luar. Peluang agribisni di Kepri sangat besar, jika usahatani dilakukan dengan baik.

Hal ini dikemukakan gubernur pada saat dialog dan panen jagung susu, yang dikelola Supriyadi dari kelompok tani Budi Luhur, di Desa Bintan Buyu Km 47. Pada kesempatan tersebut, gubernur juga melakukan panen cabai hijau, milik Kelompok Tani Tunas Jaya.

Baca Juga :  FPI Bintan Lawan Korona di Kampung Mentigi

Saat dialog, gubernur memaparkan, bagaimana cara berbisnis dan bercocok tanam yang baik. Dirinya juga tak ingin, hasil panen para petani terbuang, dan dijual dengan harga murah. Sementara, hasilnya cukup untuk kebutuhan ekonomi petani tersebut. ”Manajemen dalam mengelola hasil-hasil pertanian juga penting. Sehingga hasil panen di pasaran, harganya tidak anjlok,” kata H Nurdin Basirun, kemarin.

Dalam kegiatan ini gubernur mendorong agar produksi usaha petani terus meningkat. Nurdin juga memperkuat silaturahmi dengan petani. Nurdin juga menampung aspirasi kelompok tani sehingga dapat meningkatkan produksi mereka.

Baca Juga :  Kapolsek Sebarkan Rekaman Protokol Kesehatan ke Swalayan

Para petani berharap agar mendapat bantuan untuk peningkatan hasil panen. Seperti hand tractor, pupuk bersubsidi, pupuk kandang dan bibit. Mereka juga minta bantuan mobil pikap, untuk sarana angkut hasil panen ke pasar, serta dan alat-alat penyiraman.

Nurdin berjanji segera memberi bantuan itu. Namun, bantuan-bantuan peralatan pertanian yang diberikan nanti harus dijaga. Sehingga pemanfaatannya bisa lama. ”Kita sama-sama menjaga, agar ekonomi masyarakat bergerak dan inflasi turun,” ujar Nurdin.

Panen jagung dan cabai hijau ini dihadiri Kepala Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepri Ahmad Izhar, Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala DPMPTSP-Naker Bintan Hasfarizal Handra, Kepala DPKAD Mohd Setioso, Camat Teluk Bintan Assun Ani dan sejumlah pimpinan OPD.

Baca Juga :  Tim Takraw Targetkan Masuk Final

Gubernur senang dengan banyaknya kelompok tani, dan fokus dengan produk unggulan. Apalagi tanaman yang dibudidayakan berbeda jenisnya. ”Enak dan manis rasa jagungnya. Pasar pasti senang dengan produk seperti ini. Semoga ke depan bisa semakin banyak panennya,” tutup Nurdin.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here