Gubernur Bantu Korban Rohingya

0
689
SERAHKAN: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyerahkan bantuan secara simbolis dari warga Kepri untuk etnis Rohingya di Tanjungpinang, Minggu (17/9).f-istimewa/humas pemprov kepri

Apresiasi Kinerja Forum Kemanusiaan Kepri

Gubernur Kepri H.Nurdin Basirun secara simbolis menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk tragedi Rohingya di Masjid Agung Al-Hikmah, Tanjungpinang, Minggu (17/9).

TANJUNGPINANG – Nurdin mengatakan, bahwa bantuan yang diserahkan ini merupakan upaya nyata masyarakat Kepulauan Riau untuk turut serta membantu meminimalisir beban yang didapat para pengungsi Rohingya. ”Banyak saudara-saudara kita di sana yang menjadi imbas dari tragedi kemanusiaan tersebut. Sebagai warga internasional kita harus turut andil dalam membantu meringankan beban mereka,” ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan, banyak upaya yang dapat diberikan sebagai manusia jika menilik keadaan Rohingya saat ini. Jika tidak mampu turut serta ke sana maka dengan bantuan fisik inilah yang menjadi jasa untuk mereka.

Tak lupa Gubernur berharap dari doa serta bantuan dari seluruh masyarakat Kepri ini dapat membantu meringankan krisis dan tragedi Rohingya. ”Karena duka Rohingya adalah duka kita semua. Mari kita berdoa agar warga Rohingya segera dapat terlepas dari permasalahan ini,” lanjut Nurdin.

Baca Juga :  Layani Pasien dengan Senyum

Nurdin mengapresiasi Forum Kemanusiaan yang mencetuskan diri untuk membantu menggalang dana di Kepri. Nurdin langsung meminta kepada Sekdaprov Kepri yang juga hadir pada kesempatan tersebut untuk membentuk tim panitia dari pemerintah untuk ikut serta membantu penggalangan dana di Kepri.

Dalam pada itu, Ketua Forum Kemanusian Peduli Rohingya Provinsi Kepulauan Riau Ustdaz Ahmad dalam laporannya mengatakan, bahwa pengumpulan dana ini merupakan tahapan awal penyelenggaraan bantuan untuk Rohingya dan ke depan ada tahapan selanjutnya.
Jika memungkinkan nantinya juga akan mengutus relawan-relawan dari Tanjungpinang yang bersedia untuk turun langsung ke lokasi di perbatasan Bangladesh.

”Sebagaimana kita ketahui bahwa keadaan pengungsi di perbatasan Bangladesh semakin hari bukan membaik malah buruk. Sebanyak 420 ribu jiwa pengungsi di sana. Untuk itu kami tidak menutup donasi dan akan tetap membuka jika masih ada yang ingin ikut menyumbang,” ujar Ahmad.

Baca Juga :  Pedagang di Pulau Dompak Akan Ditata

Dari data yang didapat, pengumpulan dana sendiri sudah dimulai sejak dua minggu lalu sehabis melaksanakan Salat Ghaib di Lapangan Pamedan. Saat itu terkumpul dana sebesar Rp 26 juta dan hingga hari ini sudah terkumpul dana sebanyak Rp 322 juta. Untuk tahap pertama ini penyaluran dana sebesar Rp 280 juta yang akan dikirimkan langsung pihak Forum Kemanusian Peduli Rohingya Provinsi Kepulauan Riau ke lokasi perbatasan di Bangladesh.

Perwakilan MUI Provinsi Kepri Bambang Maryono mengucapkan terimakasih atas kinerja tim penggalang dana yang hingga saat ini terus semangat dalam menggalang bantuan yang ditujukan untuk pengungsi Rohingya. ”Kita tahu bahwa uang bukanlah segalanya, namun mungkin dapat digunakan untuk membantu para pengungsi di Rohingya, selain itu kita juga membutuhkan niat yang tulus serta tidak lupa berdoa,” ujar Maryono.

Baca Juga :  Perlu Kesadaran Setiap Keluarga

Dalam pada itu Ketua LAM Abdul Razak bersyukur saat ini Indonesia dengan keberagamannya, namun masyarakatnya dapat memahami perbedaan tersebut. Sentu jika melihat saudara seagama di tempat lain sedang mengalami musibah, saat inilah masyarakat Indonesia khususnya Kepri untuk ikut turun tangan membantu mereka.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Asisten III M. Hasbi dan Kadis Perdagangan Burhanuddin, serta masyarakat Tanjungpinang.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here