Gubernur Buka Musrenbang Tanjungpinang

0
83
Dari KANAN, Ade Angga, H Teddy Jun Askara, H Syahrul, H Nurdin Basirun, H Irwan di acara Musrebang Tanjungpinang. f-ist/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (19/3).

Musrebang tersebut dibuka langsung Gubernur Kepri H Nurdin Basirun didampingi H Syahrul. Juga dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadilillah, Sekda Tanjungpiang, Riono, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Teddy Jun Askara (TJA).

Hadiri juga Wakil ketua DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga. Jaran anggota Forkopimda Kota Tanjungpinang, seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Tanjungpinang, Camat beserta Lurah Kota Tanjungpinang dan seluruh tamu undangan.

Musrebang ini merupakan Musrenbang pertama bagi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang H Syahrul-Hj Rahma.

Sebelum pembahasan pokok-pokok Musrenbang, Pemko juga memberikan penghargaan kepada sejumlah kelurahan terbaik dalam pelaksanaan Musrenbang tahun 2019.

Adapun penghargaan pelaksanaan Musrenbang terbaik tingkat Kelurahan Bukit Cermin terbaik pertama, Kelurahan Kampung bulang terbaik kedua dan Kelurahan Kampung bugis terbaik ketiga. Sementara itu, kecamatan terbaik acara musrenbang diraih Kecamatan Bukit Bestari, dan tokoh masyarakat terbaik yang mengikuti musrenbang diraih Usman Hasibuan dan Muhammad Din

Ketua panitia acara Musrenbang tahun 2019 Ruli Friady juga menjabat sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Tanjungpinang, mengatakan Musrenbang adalah wadah untuk menampung berbagai usulan kegiatan dari tingkat kelurahan, kecamatan kemudian musrenbang ditingkat kabupaten kota. Hasil Musrenbang Kota Tanjungpinang, kemudian akan diteruskan ke Musrenbang tingkat provinsi Kepri.

”Setelah Musrenbang tingkat kelurahan, tingkatk kecamatan, pada hari ini (kemarin, red) kembali digelar Musrenbang Kota Tanjugnpinang. Musrebang ini wadah untuk menampung berbagai usulan penganggaran dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan kemudian ditingkat Kota Tanjungpinang,” ujanrya.

Tujuan Musrenbang kata Rully, mantan pejabat Pemprov Kepri adalah untuk sinkronisasi rencana kerja antar SKPD sebagai tujuan kerja bersama demi terwujudnya pembangunan prioritas Pemkot Tanjungpinang di tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H Syahrul mengatakan acara musrenbang tersebut bertujuan untuk menjadikan Kota Tanjungpinang menjadi kota yang damai, aman dan menciptakan masyarakat yang sejahtera.

”Saya berharap, dengan musrenbang tahun 2019 ini mampu menjadikan kota Tanjungpinang menjadi kota yang damai, maju dan sejahtera. Apalagi ini adalah musrenbang pertama saya sebagai Walikota Tanjungpinang.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan, dalam rangka pencapaian visi misi RPJPMD Kota Tanjungpinang, maka perlu diselaraskan dengan program nasional dan juga program kerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Sedangkan visi RPJMD 2018-2023 yaitu ”Tanjungpinang Sebagai Kota yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera Dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”.

Lima misi yang akan ditempuh. Diantaranya, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang agamis, berkarakter, berwawasan kebangsaan dan berdaya saing global.

Kedua, meningkatkan pengembangan pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif, dan usaha masyarakat. Ketiga, itu, mengembangkan dan melestarikan khasanah budaya lokal dan nusantara untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis, bertoleransi dan kebhinekaan guna mendukung pembangunan berkelanjutan.

Keempat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, berwibawa, amanah, transparan dan akuntabel didukung aparatur yang berintegritas dan kompeten.

Serta ke lima, melanjutkan pembangunan yang adil dan merata serta menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif yang berwawasan lingkungan.

Dituturkannya, masing-masing misi telah dijabarkan ke dalam tujuan, indikator tujuan, sasaran, indikator sasaran, serta target kinerja yang menjadi tolok ukur kinerja pemerintah Kota Tanjungpinang selama kurun waktu tahun 2018-2023. Terdiri dari lima tujuan dengan 11 indikator. adapun jumlah sasaran sebanyak 24, dengan indikator sasaran sebanyak 42 indikator.

Ditambahkannya, dalam RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2018-2023 telah ditetapkan arah kebijakan pembangunan tahunan daerah. Tema pembangunan tahun 2019, peningkatan infrastruktur penunjang aksesibilitas dan lingkungan. Dilanjutkan tahun 2020, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dan peningkatan infrastruktur dasar.

Setelah itu, tema pembangunan tahun 2021, pengembangan pusat kebudayaan Melayu dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Serta tema pembangunan tahun 2022 adalah peningkatan investasi, penanggulangan kemiskinan, dan reformasi birokrasi dan tahun 2023 adalah perwujudan masyarakat yang sejahtera. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here