Gubernur Kerahkan Kapal Baru

0
668
Pelepasan kapal: Gubernur Kepri melepas kapal baru untuk mengangkut pemudik kemarin. f-suhardi/tanjungpinang pos

Atasi Lonjakan Pemudik di Kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun melepas kebrangkatan perdana MV Lintas Kepri di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kamis (22/6).
Menurut Nurdin, menjelang lebaran angkutan laut tambah lebih dibutuhkan.

”Masyarakat ingin pelayanan yang maksimal, apalagi Kepri yang 96 persen terdiri dari lautan tentu alat transportasi mudik yang prima sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Nurdin pelepasan perjalanan perdana Kapal MV Lintas Kepri. Menurutnya, pelayanan aman dan nyaman yang dimaksud tersebut yakni berupa tersedianya alat transportasi yang memiliki fasilitas yang memadai yang mampu memberikan kenyamanan saat dalam perjalanan.

”Penumpang tak perlu berdesak-desakan lagi, kapal tidak melebihi beban angkut dan tentunya penumpang dapat kembali ke kampung halamannya dan kembali lagi ke Tanjungpinang dengan selamat,” kata Nurdin. Adapun Kapal MV. Lintas Kepri yang merupakan aset milik Pemprov Kepri ini akan berlayar dari Tanjungpinang menuju Lingga, dengan panjang kapal 35,60 meter Sedangkan lebarnya 5,60 meter dengan bobot 129 gross ton (GT). Kapal dari bahan alumunium ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 158 orang. Terkait pengelolaan MV. Lintas Kepri. Kapal cepat ini dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yakni PT Pelabuhan Kepri yang dipimpin oleh Huzrin Hood yang juga merupakan tokoh sentral Provinsi Kepulauan Riau.

Nurdin berharap mudah-mudahan kehadiran kapal cepat ini bisa membantu mengurai kepadatan arus mudik saat lebaran serta dapat memberikan manfaat bagi layanan transportasi masyarakat Kepri. Sebelum melepas keberangkatan kapal MV Lintas Kepri terlebih dahulu Nurdin mengecek pos pelayanan kesehatan gratis yang ada di pelabuhan. Dari ruangan informasi, melalui microfon, gubernur berpesan kepada seluruh penumpang agar tetap bersabar dan jangan takut tidak mendapat kapal untuk mudik.

”Jangan paksakan kehendak untuk berangkat sekarang jika penuh. Masih ada hari esok, dan untuk petugas pelabuhan tolong dipantau terus keamanan dan kelancaran selama arus mudik ini,” pesan Gubernur. Di dalam Kapal MV Lintas Kepri Kembali Gubernur berpesan kepada para penumpang agar berhati-hati dan menjaga diri selama dalam perjalanan mudik sembari mengucapkan selamat hari raya idul fitri.

”Atas nama pemerintah dan pribadi saya ucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin, selamat belayar semoga selamat sampai ketujuan,” tutup Nurdin. Salah satu penumpang, Mita asal Dabo Singkep, menuturkan senang bisa pulang kampung dengan menggunakan kapal Mv Lintas Kepri saat ini. Menurut Mita, harga tiket kapal Lintas yang dia beli dari operator sebesar Rp 180 ribu, sedangkan ke Daik Lingga Rp 200 ribu.

”Tak masalah harganya, yang penting bisa pulang kampung dengan selamat,” ucapnya. Sedangkan Kapten Mv Lintas Kepri Taufik menyampaikan bahwa dirinya berterimakasih karena penumpang cukup tertib. Menurut dia, cuaca pada hari perdana dirinya melayari kapal subsidi milik Pemprov itu, mampu memakan waktu sampai 3 jam di tengah laut untuk sampai ke Ligga.

”Insya Allah tidak ada satu halangan apapun, semoga kondisi dan kapal aman selama melayani penumpang,” tukasnya. Hadir pada kesempatan tersebut Danlantamal IV Tanjungpinang R. Eko Suyanto, Asisten II Pemerintah Provinsi Kepri Syamsul Bahrum, Kadis Perhubungan Jamhur Ismail, Kadis Perdagangan Burhanuddin dan Kepala Kantor KSOP Kelas II Tanjungpinang R. Sibarani. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here