Gubernur Lantik IPMKR Padang

0
194
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersama rombongan foto bersama dengan Bupati Pariaman usai pelantikan IWKRI dan PMKR 2019-2021 di Sumatera Barat bertempat di Hotel Pangeran, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (20/2) siang. F-istimewa/humas pemprov kepri

Mahasiswa-Pelajar Kepri Harus Berkontribusi di Perantauan

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun melantik Ketua dan Pengurus Ikatan Warga Kepulauan Riau (IWKR) dan Ikatan Pelajar-Mahasiswa Kepulauan Riau (IPMKR) 2019-2021 di Sumatera Barat bertempat di Hotel Pangeran, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (20/2) siang.

PADANG – Usai pelantikan, Nurdin mengatakan bahwa pendidikan menjadi fokus dan perhatian penting semua pihak dalam upaya peningkatan generasi muda yang cerdas dan mumpuni.

”Dimanapun anak-anak kita menuntut ilmu, diharapkan mereka tidak melupakan adat budaya asalnya dan yang terpenting adalah suatu saat mereka dapat memberikan feedback positif bagi kemajuan pembangunan di daerah,” ujar Nurdin.

Dengan telah dilantiknya Ketua Umum IWKR dan IPMKR Sumbar beserta anggota kepengurusannya yang baru ini, Nurdin berharap dapat semakin memberikan nilai tambah dalam kontribusi pemikiran bagi Pemerintah Provinsi Kepri.

”Kita berharap agar para pengurus dapat bekerja lebih baik dalam menyatukan masyarakat Kepri yang ada di Sumbar dan sekitarnya,” harap Nurdin.

Menurut informasi ketua IPMKR Sumbar, terdapat lebih kurang 41 keluarga dan lebih kurang 603 mahasiswa-mahasiswi Kepri yang ada di Sumbar yang sudah terdata. Diperkirakan ada lebih banyak lagi keluarga dan mahasiswa yang mungkin belum terdata.

”Saya berharap IPMKR dan IWKR Sumbar ini juga dapat menjadi wadah pemersatu masyarakat Kepulauan Riau perantauan,” kata Nurdin lagi.

Apalagi dengan menekanan prinsip ‘Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung’ tentu sangat melekat oleh siapapun yang merantau ke negeri orang.

Nurdin menambahkan, banyak saudara perantau yang sudah melekat dan menyatu dengan adat budaya tempat tinggalnya, bahkan berasimilasi atau menikah dengan masyarakat tempatan.

”Hal ini tentu saja memperkaya khasanah budaya serta menunjukkan bahwa perbedaan budaya justru dapat menyatukan dan tidak menjadi penghalang,” tambah Nurdin.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penandatangan MoU antara Pemprov Kepri bersama Pemprov Sumatera Barat dan Universitas Negeri Padang tentang Pembinaan Mahasiswa.

Dari kerja sama ini Nurdin berharap terus meningkatkan hubungan antarpemerintah daerah, mempererat silaturahim antar masyarakat perantauan di masing-masing daerah serta saling mendukung upaya-upaya untuk memajukan daerah di berbagai bidang.

Gubernur juga mengajak siswa dan mahasiswa Kepri di perantauan untuk selalu menjaga nama baik mereka dan nama baik daerah asalnya.

Kepada mahasiswa dan pelajar diminta agar belajar keras dan giat supaya lekas tamat dan membanggakan keluarganya.

Sebelum melantik, Nurdin terlebih dahulu bersilaturahmi dengan Bupati Pariaman. Nurdin sempat berbincang banyak hal. Datuk Alam Sati ini tampak berbincang di bawah rindangnya pohon.

Pada kesempatan itu hadir juga Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Dari Kepri hadir Sekdaprov H TS Arif Fadillah, dan sejumlah kepala OPD.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here