Gubernur Lepas JCH Terakhir

0
639
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun menyalami JCH saat melepas Jamaah Calon Haji kloter 27 di Embarkasi Batam, Rabu (15/8) sekitar jam 06.30 WIB. f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun melepas Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 27 di Embarkasi Batam, Rabu (15/8) sekitar jam 06.30 WIB. Mereka merupakan JCH kloter terakhir dari Embarkasi Batam.

BATAM – Pelepasan yang dilakukan di Asrama Haji Batam Center ini dihadiri juga oleh Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad, Karo Kesra Kepri Tarmidi, Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri H. Mukhlisuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kota Batam H. Erizal Abdullah.

JCH Kloter 27 di Embarkasi Batam ini merupakan kloter terakhir di musim haji tahun 1439 H/ 2018 M. Sebanyak 11.894 JCH yang terbang melalui embarkasi Batam dengan rincian 11.759 orang JCH, dan sebanyak 135 orang petugas haji.

Jamaah haji dari Provinsi Kepri saja pada tahun ini berjumlah 1.268 orang yang tergabung dalam kloter 1, kloter 19 dan kloter 27. Semuanya diberangkatkan ke Arab Saudi menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan jenis pesawat Boeing 747-400 dan berkapasitas 450 orang.

Para jamaah yang tergabung di kloter 27 berasal dari Provinsi Kepri yang berjumlah 381 orang dengan rincian dari Kota Batam berjumlah 373 orang.

Tanjungpinang 3 orang serta petugas kloter 5 orang. Dan terdapat Jamaah Calon Haji tertua dalam kloter 27 ini bernama Masadah Parto Magisan dengan usia 78 tahun berasal dari Kota Batam. Sedangkan Jamaah Calon Haji termuda Muthia Alina Ali Nasran berusia 34 tahun, juga dari Kota Batam.

Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun berharap seluruh jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Batam berangkat dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur.

”Selamat jalan kepada jamaah calon haji menuju ke Tanah Suci. Semoga perjalanan bapak dan ibu dipermudah oleh Allah SWT dan menjadi Haji yang Mabrur, Haji yang membawa keberkahan bagi kita semua,” kata Nurdin Basirun.

Gubernur juga mengatakan agar kepada siapapun yang belum berkesempatan melaksanakan ibadah haji agar terus berdoa dengan penuh keikhlasan dan ketulusan.

Dalam hal ini, lanjut Nurdin, pemerintah senantiasa memberikan bimbingan haji kepada seluruh JCH agar semua pelaksanaan rukun haji berjalan lancar dan selalu memberikan pelayan terbaik dari Embarkasi Batam.

”Selama berada di Tanah Suci, perbanyaklah ibadah dan mengingatkan kembali niat utama menuju Tanah Suci, tak lain adalah untuk melaksanakan ibadah haji. Dan bagi para petugas haji agar senantiasa bersabar, ikhlas, saling tolong menolong, ingat mengingatkan dan menjaga kesehatan para JCH,” pesan Gubernur.

Usai melepas jamaah, kepada wartawan, Gubernur juga mengatakan jika kesiapan Asrama Haji sebagai Embarkasi Batam tidak terlepas dari peran serta semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan JCH menuju Tanah Suci serta Kepala Daerah juga berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

Hal ini merupakan wujud rasa menghargai dan menghormati para JCH sebagai Tamu Allah yang akan membawa keberkahan ke daerah masing-masing. Gubernur Nurdin Basirun minta kepada Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kepri, sambil melaksanakan ibadah untuk tidak lupa mendoakan Indonesia dan Kepri khususnya, agar negeri ini selalu aman, damai, tentram serta sejahtera.

”Semoga seluruh JCH dari Kepri menjadi haji mabrur, dipermudah segala urusan dalam pelaksanaan haji mulai dari berangkat, pelaksanaan ibadah dan sampai dengan kembali ke Tanah Air tetap dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun,” kata Nurdin. Mereka akan menjalani ibadah di tanah suci.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here