Gubernur Lepas Kafilah MTQN Kepri

0
157
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyerahkan bantuan materi kepada qari saat Penutupan Pemusatan Pelatihan MTQ Nasional XXVII tahun 2018 dan Pelepasan Kafilah MTQN Kepri di Aula Quran Center, Sekupang-Batam, Rabu (3/10). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melepas kafilah Kepri untuk mengikuti MTQ Nasional (MTQN) XXVII t Tahun 2018 di Kota Medan Sumut. Nurdin mengatakan, tujuan akhir bukan hanya juara umum, tapi implementasikan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

BATAM – NURDIN mengatakan, pemerintah dan seluruh masyarakat Kepri mendoakan para kafilah MTQ Nasional untuk mendapat hasil terbaik. Pemprov akan selalu hadir untuk mendukung dan memberikan semangat baik moril maupun materil kepada seluruh kafilah.

”Tujuan akhir bukan hanya juara umum yang harus diraih, akan tetapi implementasi Alquran sebagai pedoman di kehidupan sehari-hari dan menjadikan Provinsi Kepri membangun peradaban berkemajuan yang terinspirasi dari Alquran,” kata Nurdin saat Penutupan Pemusatan Pelatihan MTQ Nasional XXVII tahun 2018 dan Pelepasan Kafilah MTQ Nasional Provinsi Kepri di Aula Quran Center, Sekupang Kota Batam, Rabu (3/10) malam.

Nurdin memang menginginkan Kepri sebagai kawasan dengan peradaban Alquran. Untuk mewujudkan Kepri sebagai peradaban Alquran kini semakin banyak rumah Tahfidz yang berdiri.

Kegiatan pemusatan pelatihan ini dimulai dari Rabu (26/9). Penutupan itu sekaligus juga pelepasan para khafilah MTQ Nasional Provinsi Kepri oleh Gubernur Kepri. Pelepasan para kafilah MTQ Prov Kepri ditandai dengan penyerahan Pataka kepada ketua rombongan, KH Azhar Hasyim.

Wakil Gubernur H Isdianto, pada Kamis (4/10) pagi, melepas keberangkatan Kafilah Kepri menuju Medan, di Bandara Hang Nadim, Batam. Wagub berpesan untuk terus menjaga kesehatan, silaturahmi, mohon restu orang tua dan berserah kepada Yang Maha Kuasa.

Gubernur Nurdin mengatakan, dengan banyaknya kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam persiapan mengikuti MTQ Nasional, mulai dari simulasi dan pemusatan pelatihan, hendaknya menjadi tolak ukur dan terus mengasah kemampuan diri untuk tampil semaksimalnya.

Hadirnya para pelatih nasional, kata Nurdin, menjadi penyemangat dan penguat bagi kafilah Kepri yang telah banyak mendapat koreksi dan pengetahuan sehingga saat tampil nanti bisa lebih percaya diri.

”Dengan banyaknya proses yang dilalui dan masalah yang dihadapi semoga bisa memberikan hasil yang luar biasa. Pemerintah Provinsi Kepri akan memberikan hadiah sebagai penyemangat kepada para kafilah yang meraih prestasi,” kata Nurdin.

Cabang yang diikuti para Kafilah Kepri antara lain, Tilawah (Tartil, Anak-anak, Remaja, Dewasa, Cacat Netra, Qiraat Mujawwad, Murattal Remaja, Murattal Dewasa), Hifdzil (1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz), Tafsir (Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab) 4.Khath (Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi, Kontemporer), Syarhil Quran dan Fahmil Quran dan MMQ (Musabaqah Makalah Quran).

Pada pelepasan di Quran Center itu, hadir Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Ketua Kafilah MTQ Nasional Kepri KH Azhar Hasyim, Staf Khusus Gubernur Kepri Bali Dalo, Sahidul Qudri, Herizal Hood.

Beberapa kepala OPD diantaranya Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung Nilwan, Karo Hukum Heri Mokhrizal, Karo Kesra Tarmidi, Karo Umum Martin Maromon, Karo Ekonomi Heri Andriyanto, Karo Pembangunan Aries Fhariandi, Kadis Pertanian Ahmad Izhar, Kadisperindag Burhanuddin, Kadispora Maifrizon. Kadiskominfo Zulhendri, Kadisdukcapil BPMD Sardison, Kepala BKPSDM Firdaus, Kakan Kemenag Kota Batam Erizal Abdullah, Direktur Quran Center Mahadi Rahman, Ketua IPHI Batam H Makmur AT serta Tokoh Masyarakat H Nurdin dan H Marwin Jamal.

Direktur Quran Center Mahadi Rahman mengatakan, saat pemusatan pelatihan, Kepri menghadirkan 14 orang Hakim Nasional dalam acara Pemusatan Pelatihan seperti H.Said Agil Husin Almunawar, H.Yusnar Yusuf, Hj.Umi Khusnul Khotimah, H.Hamdani Anwar, H.Muammar Bakri, H.Syarifudin Usman, KH.Rusydi Kinan, H.Asep Saepul Muhtadi, Hj.Qusthoniyah Said, H.Ilhamuddin Qasim, Hj.Mawaddah Muhajir, H.Didin Sirajuddin dan Hj.Nursiah Ismail.

Total Kafilah Kepri sudah siap untuk diberangkatkan dengan jumlah sebanyak 53 orang. Menurut Mahadi, hasil pengamatan dari para Pelatih/ Hakim Nasional yang mengikuti kegiatan Pemusatan Pelatihan ini memberikan penilaian bahwa hasil terbaik sudah ditampilkan para kafilah Provinsi Kepri.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here