Gubernur Lepas Ratusan Pemudik Gratis

0
654
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun melepas peserta mudik gratis BUMN yang dilepas di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, Selasa (5/6) kemarin.f-istimewa/humas pemprov Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun ingin masyarakat dapat menikmati mudik dengan kesenangan. Progam BUMN yakni mudik gratis diyakini dapat meningkatkan semangat mereka untuk kembali ke kampung halamannya.

”Kita wajib mengantar mereka sampai ke kampung halamannya,” ujar Nurdin saat melepas peserta mudik gratis BUMN di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Selasa (5/6) siang.

Nurdin juga berpesan kepada pihak kapal agar dapat memperhatikan betul kesiapan dari kapal, melihat kondisi cuaca dan laut agar kapal dapat berjalan prima hingga sampai ketujuan. ”Jangan memaksakan keadaan jika tidak mampu jangan melawan arus, ini untuk keselamatan kita semua,” pesan Nurdin.

Program mudik gratis BUMN sendiri digagas oleh PT. Pelindo I Tanjungpinang untuk hari ini Kapal KM. Sabuk Nusantara 30 akan memberangkatkan lebih kurang 400 penumpang secara gratis ke 11 daerah yang biasa dilaluinya.

Baca Juga :  Walikota Otomatis Jabat Kepala BP Batam

Adapun daerah yang akan disinggahi KM. Sabuk Nusantara 30 antara lain, Kuala Maras, Tarempa, Midai, Pulau Tiga, Sedanau, Pulau Laut, Ranai, Subi Serasan, Sintete dan Tambelan. ”Semua persiapan sudah kami lakukan pak. Kapal akan lepas tali pukul 13.00 WIB dan berlayar selama 10 hari,” ujar Kapten Kapal Moh Nasir.

Sebelum melepas kapal Nurdin berkeliling meninjau keadaan di dalam kapal sembari bertanya kepada beberapa masyarakat yang mudik. ”Kemana tujuan ibu pulang kampung tahun ini? tanya Nurdin.

”InsyaAllah ke Tarempa pak,” ujar salah satu penumpang. ”Jaga kesehatan ya buk, jangan lupa berdoa,” pesan Nurdin.

Gubernur mendoakan agar kapal beserta semua penumpang dapat sampai dengan selamat ketempat tujuan. ”Agar bisa bertemu keluarga dan berlebaran di kampung halaman,” tutup Nurdin.

Keberangkatan kapal milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) tersebut merupakan kapal pertama yang mengangkut pemudik yang tergabung dalam program Mudik Bareng BUMN tahun 2018. KM Sabuk Nusantara 30 mulai bergerak menuju pulau tujuh pada pukul 01.00.

Baca Juga :  Isdianto Komitmen Benahi Pulau Penyengat

PT Pelindo I cabang Tanjungpinang menyiapkan 815 tiket kapal untuk warga kurang mampu yang ingin pulang kampung atau mudik secara gratis.

Pemberangkatan para pemudik gratis dibagi menjadi beberapa trayek dari dua pelabuhan keberangkatan yaitu Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

GM PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, KM Sabuk Nusantara 30 yang membawa sebanyak 420 penumpang tersebut akan berangkat dari Tanjungpinang, Kuala Maras, Tarempa, Midai, Pulau Tiga, Selat Lempa, Sedanau, Pulau Laut, Ranai, Subi, Serasan, Sintete dan Tambelan. Sedangkan terkait jadwal keberangkatan dari trayek kedua ini dijadwalkan pada tanggal 9 Juni mendatang.

Baca Juga :  Semua Gajinya di DPRD Dibagi ke Warga

”Nanti tanggal 9 Juni dan seterusnya itu, akan kita berangkatkan lagi. Dari sini nanti juga akan ke Dumai sekitar 130 orang dan dari Kijang juga ada. Tiket ini tanggal 3 Juni kemarin sudah kita tutup,” katanya.

Wayan menyebutkan, mereka yang mudik gratis tersebut juga akan dimasukan atau di cover asuransi, sehingga perjalanan akan terasa makin nyaman dan tenang. Selain itu, pihaknya juga telah membagikan baju kaos, topi dan makanan ringan gratis.

”Kemudian dari kesehatan pelabuhan juga akan menyiapkan obat-obatan untuk penumpang. Pada pelepasan ini, kita juga ada mengundang anak yatim, kita berikan santunan sekaligus mendoakan agar para pemudik bisa selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (mas/ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here