Gubernur Minta Camat & Lurah Inovatif

0
829
FOTO BERSAMA: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun foto bersama dengan peserta Rakor Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan se-Kepri di Hotel Aston Tanjungpinang, Senin (11/9).

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menginstruksikan pelayanan setingkat kecamatan sampai kelurahan harus inovatif, kreatif dan melayani. Ditambah lagi saat ini Presiden RI Joko Widodo telah menunjuk Kepri ke depan sebagai gerbang pengembangan ekonomi digital di Kota Batam.

Hal itu disampaikan Nurdin saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) Pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan se-Kepri di Hotel Aston Tanjungpinang, Senin (11/9) kemarin. ”Ke depan apa yang kita kerjakan harus terukur, terarah serta profesional,” tegas Nurdin.

Mantan Bupati Karimun dua periode itu mendukung penuh wacana pemerintah pusat guna mendorong sistem pelayanan di Provinsi Kepri mulai setingkat kelurahan maupun kecamatan sudah berstandar elektronik digital (E-digital). ”Mulailah membangun konektivitas hati. Saya pikir kepala daerah, masing-masing wilayah di Kepri sudah punya gagasan. Tinggal lagi bagaimana, camat serta kelurahan yang menjadi garda terdepan mampu mendorong cita-cita besar itu,” bebernya.

Baca Juga :  222 Korban Tsunami Selat Sunda

Nurdin berharap, pejabat setingkat kecamatan maupun kelurahan sudah berpikir tentang pelayanan yang berstandarkan elektronik. Mengingat, kata dia, dengan pelayanan berstandar e-digital ini, semua program bisa dilakukan dengan terukur dan terarah serta jauh dari penyalahgunaan penyelewengan anggaran.

”Mohon maaf sudah banyak saat ini, camat maupun lurah bahkan pejabat kita di Kepri yang terjebak dengan sistem administrasi, sehingga menjerat mereka harus berurusan dengan hukum,” tambah Nurdin.

Dalam kesempatan itu, GM Telkom Wilayah Riau-Kepri Ir Sonny Budi Winarso turut memberikan pandangan tentang rencana pemerintah pusat yang menunjuk Provinsi Kepri Go Digital. Pihaknya dalam pemaparan sambutan di depan Gubernur Nurdin dan Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, bertekat agar Kepri mampu mewujudkan Smart Province.

Baca Juga :  Jembatan Putus di Marok Harus Diatasi

Sonny menggambarkan kenapa harus mendukung E-Digital, mengingat saat ini masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, perkembangan dunia digital sudah menjadi gaya hidup masyarakat. ”Saat ini zamannya generasi digital native, dan immigrant. Mulai anak-anak, pelajar sampai sekolah perguruan tinggi sudah melek digital,” tegasnya.

Ke depan, guna mendukung visi Presiden Joko Widodo yang menargetkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara pada 2020, hal itu tentunya juga tak terlepas dari semangat Pemprov Kepri yang juga harus respons dengan kemajuan sitem E-digital ini. ”Melalui kerja sama ini, Telkom Group siap mendorong sistem pelayanan di Kepri sebagai Smart City Province,” jelasnya.

Baca Juga :  Hape Nokia Diproduksi di Batam

Pada saat rakor itu, hadir sekitar ratusan pejabat setingkat kelurahan sampai kecamatan dari berbagai daerah di Kepri. Hadir juga Kepala Biro Pemerintahan dan Perbatasan Pemprov Kepri Haryono, pejabat Telkom Gruop wilayah Sumatera, serta pejabat Kabupaten Bintan.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here