Gubernur Minta Laut Jangan Dikotori

0
604
NAIK JET SKI : Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat menunggani jet ski dan berbincang dengan para yatcher di Tanjungpinang. Nampak lautnya masih bersih. F-dok/tanjungpinang pos

Ayo Tingkatkan Kualitas Wisata Bahari

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak semua elemen masyarakat termasuk kepala desa, lurah, RT/RW untuk menjaga keasrian laut Kepri.

TANJUNGPINANG – LAUT, kata gubernur, tak hanya menyimpan ikan sebagai salah satu sumber daya alam yang dimiliki Kepri. Namun, laut juga sumber daya yang potensial untuk pengembangan sektor pariwisata.

Apalagi, Kepri sudah ditetapkan menjadi gerbang utama wisata bahari Indonesia. Karena itu, laut harus dijaga dan jangan dikotori dengan sampah.

Untuk Natuna dan Anambas, gubernur menyarankan agar lautnya dijaga dan tidak rusak oleh industri berat. Apalagi, salah satu lokasi wisata internasional, Pulau Bawah Anambas akan diresmikan di sana.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Buralimar mengatakan, Resort Pulau Bawah di Anambas rencananya akan diresmikan Presiden RI Jokowi Dodo (Jokowi), pada 11-13 Mei nanti.

Saat ini Dispar Pemprov Kepri bersama Pemkab Anambas serta pengelola Pulau Bawah masih melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Sekretaris Negara.

”Pelaksanaannya dijadwalkan, disejalankan dengan Festival Padang Melang serta pelepasan tukik dan rekor Muri Topeng Gobang,” terang Kadispar Kepri Buralimar kepada Tanjungpinang Pos, (20/4) kemarin.

Buralimar menyampaikan, festival tiga hari Padang Melang bahkan melibatkan pihak Kementerian Pariwisata RI.

Dijadwal tentatif selain fokus dengan Festival Padang Melang, pihaknya juga merencanakan acara perdana yang dilakukan di Anambas itu, kehadiran Jokowi bersama rombongan kabinet kerjanya.

”Kita berharap Pak Presiden hadir meresmikan acara festival yang akan mencacat rekor Muri tersebut. Nanti Pak Jokowi atau pun pihak kementerian yang mewakili, juga turut me-launching Resort Pulau Bawah,” imbuhnya.

Sementara Publik Relation Pulau Bawah, Edi Sutrisno mengatakan peresmian Resort Pulau Bawah, rencananya bersamaan dengan peresmian Festival Pantai Padang Melang dan Topeng Gobang.

Bahkan, rencana kedatangan presiden ke Anambas tidak hanya dijadwalkan untuk menyaksikan rangkaian festival melainkan peresmian Bandara Letung.

”Hanya saja belum pasti, pak presiden bisa hadir atau tidak. Namun itu sudah masuk dalam skedul acara. Jadi Festival Padang Melang itu rencananya untuk menyambut Pak Jokowi,” tambahnya.

Bahkan tidak hanya itu, Pemkab Anambas berencana meminta Pak Jokowi turut serta melepaskan sekitar 5.000 anak Tukik di depan Pantai Padang Melang.

”Jadi simbolisnya pak presiden yang melepas tukiknya,” tambah Edi.(TUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here