Gubernur Minta Maskapai Buka Rute Baru

0
104
Penumpang Garunda Indonesia dari Jakarta saat turun dari pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. f-adly/tanjungpinang pos
Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun melalui PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang telah mengirim surat ke manajemen maskapai penerbangan.

TANJUNGPINANG – Surat yang berisi permintaan penambahan jadwal penerbangan dari masing-masing airline belum ditangkapi dari pihak maskapai.

Gubernur melihat maskapai yang membuka rute dari Tanjungpinang ke daerah lainnya masih minim. Dari Tanjungpinang, rute maskapai hanya tujuan Jakarta. Ada tiga kali penerbangan sehari, Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air.

Ada juga rute dari Tanjungpinang ke Pekanbaru dan Tanjungpinang ke Anambas. Masih banyak rute-rute gemuk penumpang, tapi belum dibuka rutenya. Misalnya, Tanjunginang ke Medan, Tanjungpinang ke Surabaya, Tanjungpinang ke Pontianak dan Tanjungpinang ke Makassar via Medan.

”Kalau saya lihat surat dari Pak Gubernur sepertinya dicuekin dengan pihak airline, mungkin airline punya strategis sendiri,” kata Hotasi Manalu, Executive General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional RHF Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (14/3).

Kata Hotasi Manalu, Gubernur Kepri tidak menyebutkan keinginan rute penerbangan tersebut. Tapi, Gubernur ingin pihak airline untuk mengisi waktu yang kosong dengan jadwal penerbangan berbeda.

Sehingga masyarakat yang melakukan bepergian keluar Kota Tanjungpinang, bisa menggunakan transportasi udara melalui Bandara Internasional RHF Tanjungpinang.

Selama ini, jadwal penerbangan maskapai dari Bandara Internasional RHF Tanjungpinang menuju ke Jakarta, hanya pada pagi sampai siang hari.

”Pilihan penerbangan berbeda. Pilihan waktu juga berbeda,” ucap dia.

Kalau dirinya berkeinginan, pihak airline untuk menambah rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Jakarta pada sore hari.

Rute ini bisa diterapkan airline Sriwijaya Air, Lion Air maupun Garuda Indonesia. Sehingga masyarakat bisa bepergian hingga terbang bersama maskapai penerbangan pada sore hari.

Seperti maskapai penerbangan Sriwijaya Air terbang pada pukul 07.00WIB, Wings Air sekitar pukul 07.45WIB, Lion Air sekitar pukul 10.35WIB, Garuda Indonesia sekitar pukul 13.05 WIB, dan Wings Air pukul 17.35WIB.

”Sampai sekarang kita tidak ada jadwal penerbangan pada sore hari,” terangnya.

Selain itu, pihak airline kembali membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang menuju Medan Pergi Pulang (PP), dan Tanjungpinang menuju ke Padang PP. Karena dua rute penerbangan PP dari Tanjungpinang sudah lama tidak ada lagi.

Padahal, ada peminatnya rute penerbangan tersebut di Kota Tanjungpinang. Atau, lanjutnya, bisa juga pihak airline membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang menuju ke Johor. Sehingga orang dari Johor bisa sampai ke Tanjungpinabg melalui Bandara Internasional RHF Tanjungpinang.

”Pernah saya bincang-bincang orang Bintan, ternyata ada sekitar 15 ribuan orang dari Johor berkunjung ke Bintan. Mereka melalui transportasi laut. Kalau ada pesawat rute Tanjungpinang Johor atau sebaliknya, kan lebih cepat dibandingkan melalui transportasi laut,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here