Gubernur Rancang Keindahan Pulau Dompak

0
399
TINJAU proyek: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meninjau proyek Tugu Pemprov Kepri di Pulau Dompak, Selasa (2/1). Saat itu, Gubernur memberi ide-ide bagaimana mempercantik kawasan tugu itu. Gubernur juga meninjau pembangunan Pelantar I,II dan gapura Jembatan 1 Dompak. f-istimewa/humas pemprov kepri

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun ingin Pulau Dompak segera berwarna. Dengan digesanya pembangunan di aera Pulau Dompak seperti jalan masuk dan keluar jembatan, Jembatan I dan bundaran Tugu Provinsi diharapkan mampu menjadi titik awal pembangunan berkelanjutan yang menjadikan Pulau Dompak sebagai pusat destinasi yang lengkap.

”Perlahan tapi pasti kita akan terus mendesain Pulau Dompak menjadi lebih berwarna lagi,” ujar Nurdin saat meninjau pembangunan bundaran Tugu Provinsi, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (2/1).

Dalam peninjauan tersebut Nurdin memberikan sejumlah ide dalam penyelesaian di areal bundaran, meskipun tugu provinsi sudah selesai namun masih perlu penambahan lagi untuk penyelesaian akhir.

Dalam idenya, Nurdin ingin agar areal bundaran dipenuhi dengan tanaman dan bunga, selain itu juga terdapat air pancur. Khusus air pancur sendiri Nurdin ingin diletak di lingkar ketiga. Sebelumnya Nurdin punya ide agar dari tugu dilingkari keramik sebanyak 7 ruas yang masing-masing celahnya di isi dengan tanaman.

”Agar tetap terlihat hijau, jangan lupa drainase-nya juga,” pesan Nurdin kepada Kepala Dinas PU Abu Bakar yang ikut meninjau bersama Asisten I Raja Ariza dan Kadis Perhubungan Kepri, Brigjend Jamhur Ismail.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Abu Bakar mengatakan bahwa tahun 2017 sudah diselesaikan Tugu Provinsi dan untuk kelanjutannya di 2018 adalah penyempurnaan area di bundarannya. ”Kita gesa untuk lelang, jika cepat Februari ini bisa langsung dikerjakan tahap selanjutnya,” ujar Abu.

Setelah meninjau Bundaran Tugu Provinsi, kemudian Nurdin berserta rombongan melanjutkan peninjauannya ke areal masuk Jembatan I. Nurdin mengimbau agar pemasangan batu miring di depan arah masjid segera diperlebar agar tidak terjadi penurunan tanah.

Selanjutnya menuju ke area bawah jembatan, di sana Nurdin berharap agar penataan bawah jembatan lebih hidup lagi. ”Perencanaan harus dirancang dengan baik, dari perencanaan itulah kita bisa menggambarkan berapa kisaran anggaran yang dibutuhkan, intinya desain dulu sebaik mungkin,” ujar Nurdin.

Tinjau Pelantar I dan II
Setelah meninjau beberapa lokasi di Pulau Dompak, Gubernur melanjutkan peninjauannya ke Pelantar I dan II Tanjungpinang. Di sana Nurdin ingin pelantar dapat berfungsi dengan maksimal, apalagi fungsi dari pelantar itu sendiri sangat vital bagi arus keluar masuk barang di Tanjungpinang.

”Keberadaan pelantar sangat penting, namun karena lokasi dan tata letaknya memang sudah seperti ini, kita memang harus segera berbenah,” ujar Nurdin.

Adapun beberapa instruksi Gubernur terkait Pelantar I dan II antara lain adalah memperbaiki tata letak parkir kendaraan yang keluar masuk. Karena jika lahan parkir tertata dengan baik maka truk bongkar muat dapat lebih lancar pengerjaannya posisi tambat pancung juga menjadi perhatian Gubernur agar lebih mempermudah dan terkesan rapi dari segi melabuhkan kapal.

”Alur laut terkait bongkar muat barang juga harus diatur dengan benar-benar, agar lebih terpola dengan rapi dan tidak semerawut,” pesan Nurdin.

Selain berprioritas dengan arus bongkar muat, Nurdin juga ingin lokasi pelantar dapat gunakan untuk keperluan lain seperti menempatkan wisata kuliner di malam hari.

”Dengan dapat digunakan sebagai tempat kuliner nantinya bisa menambah penghasilan para pedagang, juga tentunya mengundang banyak masyarakat yang datang ke sini,” ujar Nurdin lagi. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here