Gubernur Sebut Layanan Perizinan Pemprov Transparan

0
492
Petugas PTSP Pemprov Kepri saat menerima berkas pemohon perizinan di kantor PTSP Gedung A Kantor Gubernur Kepri di Pulau Dompak, baru-baru ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sudah memerintahkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri agar transparan kepada masyarakat.

Demikian juga dengan OPD yang melayani perizinan diminta agar memberi kemudahan kepada masyarakat maupun investor. Sebab, saat ini zamannya berlomba-lomba mempersingkat proses perizinan.

Apalagi, Presiden RI Joko Widodo sudah memerintahkan kepada seluruh kepala daerah jangan sampai investor datang membawa berkoper-koper berkas untuk pengurusan perizinan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMPTSP) Pemprov Kepri sudah membuat aplikasi internet untuk melayani proses perizinan. Selain itu, DPMPTSP juga turut memberi pelayanan di Mal Pelayanan Publik (BPP) di Batamcenter. DPMPTSP bertekad kuat untuk melayani pengurus perizinan agar mendapatkan akses yang lebih mudah.

Terbaru, aplikasi online sedang dibuat. DPMPTSP turut mengimbangi layanan-layanan di negara berkembang yang sudah berbasis online. Untuk itu, akhir bulan atau April nanti, pihaknya sudah meluncurkan layanan perizinan dalam jaringan atau online.

Kepada DPMPTSP Pemprov Kepri Azman Taufik mengatakan, adapun layanan perizinan yang akan segera diluncurkannya diberi nama Sistem Informasi Perizinan (SIP). Dengan sistem ini, calon pemohon bisa langsung mendaftar jenis izin usaha apa yang ingin diurusnya. Pendaftaran sangat mudah. Langsung secara online, sehingga tidak bertemu dengan petugas.

Kabid Pelayanan Perizinan DPMPTSP Pemprov Kepri, Joni Hendra Putra menjelaskan, pada prinsipnya mereka mempermudah masyarakat, pengusaha atau calon pengusaha untuk mendapatkan izin-izin usahanya.

Karena itu, mereka menyiapkan satu perangkat aplikasi secara online yang bisa semua pihak mengaksesnya. ”Terobosan yang dilakukan PTSP ini merupakan imbauan dari Pak Sekda agar kepada OPD untuk berinovasi dan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam pelayanan publik,” ujarnya, kemarin.

”Makanya mau daftar izin layanan bisa di rumah atau warung kopi,” ujarnya kemarin seraya menyebutkan, masyarakat bisa mengakses http://sip-ptsp.kepriprov.go.id.
Layanan secara online ini mulai digunakan. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here