Gubernur, Sekdaprov dan Wako Bahas Reklamasi Tepilaut

0
676
Bahas reklamasi: Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Sekdaprov H TS Arif Fadillah serta Wali Kota Tanjungpinang Lis darmansyah membahas rencana reklamasi Tepilaut, pekan lalu. f-istimewa/Mazpram-humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah akan mendukung sepenuhnya rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk menata dan membangun kawasan Tepilaut Tanjungpinang sebagai kawasan terpadu Gurindam 12, yang sudah lama direncanakan.

”Kemarin kami bertiga, (Gubernur Nurdin, Sekdaprov Arif Fadillah, red) sudah membahas soal rencana penataan itu di lapangan. Saya sangat mendukung Tanjungpinang dibangun,” ujar Lis kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (24/10).

Pemprov Kepri rencananya akan memulai pembangunan kawasan Tepilaut tahun 2018. Proyek pembangunan dan penataan kawasan Tepilaut itu disebut pembangunan kawasan terpadu Gurindam 12 oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. ”Saya terserah kapan rencana mulai dibangun, asalkan semua harus dikoordinasikan dengan baik,” jelas Lis.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sampai saat ini Pemprov melalui dinas terkait, Dinas Perkim, Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta OPD lainnya yang diberikan amanat Gubernur untuk membangun kawasan Tepilaut itu belum pernah berkoordinasi dengan Pemko Tanjungpinang.

Baca Juga :  Wing Udara 1 Pasang Baliho Imbauan Gunakan Masker

”Jangan nanti DED-nya sudah selesai, baru disampaikan. Saya sudah sampaikan, ke gubernur apapun rencananya, diinformasikan baik ke pemko maupun masyarakat secara luas,” beber politisi senior PDIP Kepri tersebut.

”Bahkan, ada rencana reklamasi laut, asalkan pembangunannya, sesuai dengan yang diinginkan masyarakat,” tambahnya.

Lis menegaskan, rencana penataan Tepilaut tahun depan itu, sangat mendorong pembangunan Ibukota Kepri ke depan. Harus disadari Tanjungpinang sebagai Ibukota, harus lebih unggul dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya.

”Penataan itu harus menyesuaikan market yang dibuat oleh Pemko. Jangan misalkan, Tepilaut sudah ada bangunan Gedung Gonggong, lantas

Baca Juga :  Harga Gas 3 Kg Capai Rp20 Ribu

di depan pantainya direklamasi. Nah ini yang di depan pantainya direklamasi. Nah ini yang tidak kita inginkan. Maka tadi kita harapkan impian besar ini harus kita dudukkan dulu bersama-sama,” beber Lis.

Sebelumnya, Dinas PUPR Pemprov Kepri menggambarkan, dua belas kawasan terpadu yang siap dikembangkan di masa kepemimpinan Gubernur Nurdin Basirun di Ibukota Kepri, Kota Tanjungpinang.

Kepada wartawan, Kabid Bina Marga PUPR Pemprov Kepri Hendrija menceritakan, terkait rencana penataan dan pembangunan kawasan terpadu Gurindam 12 di Kota Tanjungpinang mencakup sejumlah wilayah termasuk salah satunya kawasan Teluk Keriting.

”Kami sedang menjolok anggaran APBN, untuk mewujudkan pembangunan itu,” ujar Hendrija, kemarin Menurut dia kawasan terpadu Gurindam 12 tersebut, mencakup Pantai Impian, Batu Hitam, Teluk Keriting, Tugu Pinsil, Tepi laut, Taman Gedung Gonggong, Pelabuhan Sribintan Pura, Pulau Penyengat, Pelantar 1 dan II, sampai dengan Pinang Marina.

Baca Juga :  Awasi Proyek, Dewan Gesa Ranperda TP4D

”Intinya mulai dari Pantai Impian sampai dengan Kawasan Pinang Marina. Pembangunan ini pun satu rangkaian jalan lingkar di wilayah Ibukota,” beber Hendrija

Untuk mewujudkan kawasan terpadu Gurindam 12 ini, lanjut Hendrija dalam perencanaan awal yang sudah di buat, untuk penataanya ada pantai di reklamasi bahkan ada pula yang tidak di reklamasi. ”Reklamasi pasti ada, tapi tak semua kawasan yang di reklamasi,” tuturnya. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here