Gugusan Pulau Bintan Jadi Kawasan Strategis Nasional

0
555
TINJAU PEMBANGUNAN: Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Inspektur Inspektorat Daerah R Akib Rachim meninjau pembangunan di Bintan Pesisir, belum lama ini. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

BINTAN – Bupati Bintan H Apri Sujadi menyambut positif atas rancangan pengembangan Kecamatan Bintan Pesisir sebagai daerah gugusan pulau di Bintan, menjadi wilayah pengembangan pusat kawasan strategis nasional. Kebijakan ditetapkan oleh Badan Pengelolaan Perbatasan RI.

Penetapan Bintan Pesisir sebagai kawasan strategis nasional ini sudah disampaikan oleh Badan Pengelolaan Perbatasan RI kepada Pemkab Bintan, saat berkunjung ke Kantor Bupati Bintan, baru-baru ini.

”Kecamatan Bintan Pesisir masuk dalam kecamatan lokasi prioritas atau Lokpri, setelah jadi wilayah pengembangan pusat kawasan strategis nasional,” ujar H Apri Sujadi, Minggu (8/10) kemarin.

Ke depannya, jelas H Apri Sujadi, Bintan Pesisir menjadi fokus penanganan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), yang direalisasikan melalui kegiatan Badan Pengelolaan Perbatasan RI.

Menurut bupati, Bintan Pesisir bakal dijadikan gugusan pulau untuk penguatan aspek pertahanan nasional Indonesia, dan aspek kesejahteraan masyarakat secara berimbang. Implementasinya adalah dilihat dari strategi perwilayahan pembangunan dalam penanganan pembangunan di kawasan perbatasan, baik perbatasan darat maupun laut.

”Bintan Pesisir mempunyai pengaruh yang sangat penting secara nasional. Baik itu dari sisi kedaulatan negara, ekonomi, sosial, wisata, budaya dan penataan lingkungan,” tambahnya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here