Guru dan Tenaga Medis Jadi Prioritas

0
2629
Asman Abnur

Pemprov Usulkan Formasi CPNS ke MenPAN-RB

Warga Kepri yang berminat untuk mengikuti Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mesti bersia-siap. Seluruh kabupaten dan Kota serta Pemprov Kepri sudah mengajukan permohonan calon pegawai yang kini dikenal dengan sebutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ke Pemerintah pusat.

TANJUNGPINANG – Mayoritas pemerintahan kabupaten, kota provinsi serta kementerian dan lembaga mengajukan permohonan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Bahkan, menurut MenPAN-RB, Asman Abnur, yang mengajukan formasi lebih dari 500 Kabupaten/Kota dan kementerian serta lembaga negara.

”Untuk daerah, baru dalam perencanaan dan itu belum diputuskan. Selain dari Kepri, ada 500 lebih Pemda dan kementerian serta lembaga yang membutuhkan penambahan ASN,” jelas Asman kepada wartawan di Tanjungpinang, Sabtu (26/11) kemarin.

Bagi Asman, dirinya sudah mengatur skema penerimaan CASN. Hanya saja, dia tak mau membeberkan, apakah benar dibuka kembali moratorium penerimaan CPNS pada 2018 ini. “Nanti saya sampaikan, kalau sudah di putuskan Presiden,” papar Asman.

Baca Juga :  Ayo, Himpun Kekuatan Pulihkan Ekonomi

Saat disinggung tentang prioritas untuk daerah yang paling membutuhkan, Asman mengaku, semua daerah butuh sudah sangat membutuhkan dan ingin menjadi prioritas.

”Semua daerah menjadi prioritas. Tapi, formasi yang diajukan harus kita sesuaikan dengan kebutuhan utama. Misalkan pendidikan atau kesehatan, itu yang utama,” papar Asman.

Terakhir, Asman memaparkan, ada sekitar 61 kementerian lembaga dan sekitar 70an ribu ASN baru yang di terima pemerintah. Namun, ASN yang baru diterima ini tentu orang yang sudah sesuai dengan latar belakang yang dibutuhkan. ”Seperti misalnya hakim, imigrasi, kemenku. Semua tesnya terbuka,” jelas Asman.

Semua yang diterima pemerintah, berdasarkan jumlah nilai yang paling tinggi dan ada passing gradenya. Jadi tidak bisa main-main lagi dalam penerimaan ASN. Tidak bisa lagi atas dasar, rekomendasi pejabat, menteri. Yang bisa membantu ialah, ASN yang pintar dan orang-orang pilihan.

”Ke depan pemerintah tidak mau ASN yang males-malesan, mereka yang bekerja adalah orang-orang pilihan,” tegas dia.

Baca Juga :  Ini Lima Features Jurnalistik Terbaik Polres Tanjungpinang

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Data Manusia, Firdaus menyampaikan, pihaknya sudah mendapat permintaan Sekdaprov H TS Arif Fadillah, untuk kembali menghitung jumlah kebutuhan tenaga Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang informasinya akan kembali dibuka pada tahun 2018 mendatang.

”Kita sangat butuh, terutama sekali tenaga guru dan dokter. Masih banyak di pesisir Kepri, seorang dokter statusnya honorer,” terang Firdaus kepada Tanjungpinang Pos, di kantor DPRD Kepri kemarin.

Lebih lanjut, Firdaus menyampaikan, dirinya saat ini masih menuggu informasi resmi dari MenpanRB RI. Memang kata dia, sudah mendengar dan melihat informasi akan ada penerimaan CASN di tahun 2018 mendatang.

”Informasi resmi belum ada, tapi kami akan siap-siap kalau Kepri dapat formasinya,” tambah Firdaus.

Firdaus menceritakan, saat ini tenaga guru dan dokter di daerah pesisir masih sangat terbatas. Di singgung berapa kuota formasi yang di butuhkan. Firdaus tak bisa menyebutkan, karena menurutnya data formasinya harus di hitung kembali. “Semoga saja, dalam waktu dekat ada informasinya. Biasanya kami di undang ke Jakarta, namun sampai detik ini belum ada,”jelas Firdaus.

Baca Juga :  RUU Kepulauan Terus Dikawal

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri H TS Arif Fadillah, menjelaskan, pihaknya sudah melihat dan mendengar bahwa moratorium penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2018 kembali di buka oleh MenpanRB.

Arif Fadillah mengatakan, Pemprov Kepri baru sebatas mendengar informasi tersebut dari pemberitaan di media. ““”Memang kita mendengar seperti itu, tapi belum ada pemberitahuan resmi dari KemenpanRB,” ujarnya.

Na“mun lanjutnya, sebelum informasi itu, Pemprov Kepri sudah pernah mengajukan formasi CPNS ke Kemenpan. Adapun formasi yang diajukan yakni untuk guru dan tenaga kesehatan. ”Karena kita melihat guru dan tenaga kesehatan di pulau-pulau banyak yang kurang,” jelasnya.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here