Guru Honorer Dominan Ketimbang CPNS

0
791
JAJARAN pimpinan Pemkab Anambas saat mengunjungi salah satu sekolah dasar di Matak.F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Anambas menanti-nanti realisasi kebijakan Pemerintah Pusat, terkait pengangkatan honorer tenaga pendidik menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, Disdikpora sangat kekurangan tenaga pendidik berstatus CPNS maupun PNS.

”Saat ini, masih banyak SD dan SMP memiliki satu dua orang tenaga pendidik yang berstatus PNS. Ini karena kita kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, kita lebih memberdayakan tenaga honorer,” ujar Irman, Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Disdikpora Anambas, Minggu (18/2).

Baca Juga :  PKK Gelar Jambore Kader

Irman menguraikan, jumlah honorer di Disdikpora mencapai 1.298 orang yang tergabung dari tenaga pendidik dan non pendidik. Menurutnya, adanya moratorium penerimaan CPNS sejak tahun 2015 membuat sekolah-sekolah semakin kewalahan.

”Setiap tahun ada pegawai yang memasuki masa pensiun, ditambah lagi dengan moratorium pegawai. Sehingga, kita lebih memberdayakan tenaga honorer. Bahkan, ada juga honorer kita yang tamatan SMP maupun SMA diberdayakan sebagai tenaga pendidik,” jelasnya.

Dari 1.298 tenaga pendidik berstatus honorer ada sebanyak 502 orang yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi CPNS. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here