Guru Jangan Merokok di Depan Siswa

0
694
FOTO BERSAMA: Siswa SMAN 1 Kundur mengajak Gubernur Kepri H Nurdin Basirun foto bersama saat berkunjung ke sekolah itu, pekan lalu. f-istimewa/humas pemprov kepri

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengingatkan para guru untuk memberi contoh yang baik kepada anak-anak sekolah. Salah satunya dengan tidak merokok di depan pelajar. ”Jadilah suri teladan yang baik buat anak-anak didik kita. Jadi kita dijadikan alasan untuk mereka melakukan hal yang kurang bermanfaat, seperti merokok,” kata Nurdin di ruang kerjanya di Dompak Tanjungpinang, Senin (7/8).

Menurut Nurdin, anak-anak Kepri harus tumbuh sehat. Baik sehat lingkungan maupun sehat fisiknya. Sebagai teladan, pada guru harus memberi contoh yang baik. Nurdin menyampaikan hal itu setelah melakukan pertemuan dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri. Termasuk pembahasan anggaran pendidikan yang porsinya sesuai aturan selalu dalam jumlah besar.

Dengan anggaran yang besar, Nurdin ingin kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepri tak hanya unggul tapi juga sehat. Apalagi jenjang pendidikan setelah SLTA banyak yang mengutamakan kesehatan. Seperti Sekolah Polisi Negara yang kini ada di Pulau Kundur, kesehatan menjadi salah satu syarat masuk. Dalam kunjungannya ke sejumlah sekolah di berbagai wilayah Kepri, Nurdin selalu memberi pesan supaya anak-anak menjaga kesehatan dan tetap sehat. Salah satunya jangan merokok atau pernah bersentuhan alkohol. ”Apalagi dengan narkoba, harus dijauhi. Jangan pernah bersentuhan,” kata Nurdin.

Soal guru, Nurdin menyarankan untuk terus meningkatkan kualitas. Di Pemprov Kepri, walaupun belum maksimal, ada dorongan agar para guru melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akhir pekan lalu, Nurdin sempat berkunjung ke SMA N 1 Kundur. Di sini setelah memberi sambutan, tampak anak-anak dan para guru antusias mengabadikan diri bersama. Nurdin pun terlihat menghampiri tuap para pelajar yang ingin berfoto bersama.

Nurdin juga berpesan tentang bahaya narkoba. Jangan sampai para pelajar bersentuhan dengan perusak masa depan itu. ”Narkoba, No. Prestasi, Yes. Kepri, Jaya,” ajak Nurdin kepada seluruh siswa untuk mengumandangkan semangat tersebut. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here