Guru Pesisir Disiapkan Rumah Dinas

0
756
Tamsir SSi MSi

Disdik Bintan Terima DAK Capai Rp 8,4 M

BINTAN – PEMKAB Bintan akan menyiapkan sarana rumah dinas untuk tenaga guru pengajar. Tahun anggaran 2018 ini, ada lima unit rumah dinas guru yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi menjelaskan, tahun anggaran 2018 ini, Dinas Pendidikan Bintan mendapat kenaikan alokasi DAK pusat. Tahun 2017 lalu, DAK pusat yang dikelola Disdik Bintan sebesar Rp 1,1 miliar.

”Tahun anggaran ini, kita dapat mencapai Rp 6 miliar dari DAK pusat. DAK pusat direalisasikan untuk rehab sekolah, bangun ruang kelas baru dan bangun rumah dinas guru. Jadi, guru di tempat-tempat tertentu disiapkan rumah dinas,” kata Tamsir, Selasa (27/2) kemarin.

Baca Juga :  Pemerintah Desa Kelola Dana Rp 83,9 Miliar

Rumah dinas guru yang dibangun dari DAK pusat itu, sebut Tamsir, sebanyak lima unit. Satu unit di SDN 10 Teluk Sebong, SDN 09 Gunung Kijang, SDN 04 Bintan Pesisir, SDN 03 Bintan Timur dan SDN 1 Toapaya. ”Mayoritas, rumah dinas guru itu dibangun di daerah pesisir dan pulau,” sebutnya.

Selain rumah dinas gur, lanjutnya, DAK 2018 dari pusat dialokasikan untuk pembangunan RKB di SDN 6 Gunung Kijang, SDN 1 Gunung Kijang, SDN 3 Gunung Kijang, SDN 2 Bintan Timur dan SDN 11 Bintan Timur. Masing-masing dibangun 2 ruang kelas belajar. Sedangkan kegiatan rehab kelas diberikan ke SDN 2 Toapaya, SDN 2 Teluk Bintan, SDN 9 Teluk Sebong, SDN 03 Bintan Pesisir dan SDN 05 Gunung Kijang.

Baca Juga :  Diresmikan, Perpustakaan Bintan Menyediakan 10 Ribu Judul Buku

Sedangkan alokasi DAK pusat untuk SMP akan digunakan untuk pembangunan 1 jamban di SMPN 8 Bintan, 2 jamban di SMPN 1 Bintan, 1 jamban di SMPN 5, dan 1 jamban di SMPN 19 Bintan. Kegiatan rehabilitasi kelas ditujukan untuk SMPN 1, rehab kelas dan majelis guru di SMPN 7, serta rehab ruang guru dan kelas di SMPN 6. Media pembelajaran dibangun di SMPN 12, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 dan SMPN 18 Bintan.

”Selain DAK sebesar Rp 6 miliar, Bintan juga dapat Bantuan Operasional PAUD (BOP) sebesar Rp 2,4 miliar. Tahun 2017 lalu hanya dapat Rp 1,9 miliar. BOP ini dialokasikan kepada 171 PAUD di Bintan. Satu PAUD dapat berkisar Rp 20 juta sampai dengan Rp 30 juta,” demikian ditambahkan Tamsir.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here