H-2 Imlek, Bakal Terjadi Lonjakan Penumpang

0
421
PERAHU motor di pelantar penyeberangan Tanjungpinang ke pulau Penyengat, turut menunggu lonjakan penumpang suasana Imlek di pasar Tanjungpinang. F-YENDI/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – PERAYAAN Imlek sebentar lagi, di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) arus mudik masih tampak normal, Minggu (11/2) kemarin. Diprediksikan dua hari menjelang (H-2) perayaan Imlek, bakal lonjakan penumpang di pelabuhan Sribintan Pura dan beberapa pelabuhan Pelantar di sekitar Pasar Jalan Merdeka.

Kasi Lalu Lintas KSOP Tanjungpinang, Yansen Marlan menyebutkan, saat ini untuk penumpang antarpulau belum ada peningkatan masih tampak normal dengan hari biasanya. Diprediksikan, lonjakan akan terjadi dua hari menjelang Imlek. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, pihaknya telah melakukan pengecekan kapal-kapal.

”Sebagai petugas, pihaknya selalu siap mengatasi lonjakan para penumpang,” kata Yansen Marlan, kemarin.

Yansen menyebutkan, pengecekan kelayakan kapal itu hampir setiap hari dilakukan, sebelum berangkat kita juga berkoordinasi dengan BMGK untuk mengetahui kondisi cuaca daerah keberangkatan dan tujuan.

”Apabila ada himbauan tentang cuaca yang tidak memungkinkan untuk berangkat maka kapal akan kita tunda sementara itu demi keselamatan para penumpang,” sebutnya.

Marlan mengatakan, pada tahun 2017 lalu lonjakan penumpang yang paling banyak itu, pada saat warga berangkat dari Tanjungpinang menuju antarpulau seperti Lingga, Dabo, Moro dan Karimun.

”Kemungkinan lonjakan terjadi pada dua hari sebelum perayaan Imlek,” tegasnya lagi.

Menurutnya, untuk tujuan Batam pada saat Imlek tahun lalu biasa saja, tapi antarpulau yang paling banyak. Bahkan keberangkatan juga menambah satu trip kapal.

”Tahun lalu, penambahan satu trip keberangkatan, tidak menutup kemungkinan tahun ini juga bakal ada penambahan kapal,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here