Hafal 30 Juz, Puluhan Santri Diwisuda

0
339
BUPATI Karimun Aunur Rafiq menyerahkan sertifikat hafiz pada salah seorang santri pondok pesantren usai wisuda. f-istimewa

Bupati Karimun Aunur Rafiq mewisuda santri/santriwati Hafidz Quran 30 Juz, pada Mahad Tahfizul Quran Atthohiriyah Moro, Sabtu, (24/02) yang pimpinan Ustdz Jefri Al-hafidz.

KARIMUN – Sebanyak 6 orang santriwati dan 5 santri hari ini, yang telah menyelesaikan Khataman Quran 30 Juz langsung diwisuda. Sedangkan untuk jumlah wisuda santri TPQ sebanyak 24 orang.

Semenjak berdiri, santri/santriwati harus menyelesaikan hafalan 30 Juz dan langsung diwisuda. Tidak hanya wisuda untuk Hafidz Quran, tetapi wisuda santri TPQ juga dilaksanakan pada kesempatan yang sama.

Ia mengatakan, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada bapak Ustaz Jefri Al hafiz yang telah mengasuh rumah tahfidz ini.

”Pada awal pembangunannya, kita semua tidak menyangka bahwa Mahad ini bisa berkembang seperti ini. Dimana untuk tahun ini yang diterima atau ditampung hanya sekitar 100 santri/santriwati,” ujar Rafiq.

Bahkan, lanjut Rafiq yang mendaftar lebih dari 200 orang. ”Ini menjadi bukti, bahwa Mahad ini menjadi harapan dan tujuan bagi para orangtua untuk menitipkan anak anaknya dalam rangka menghafal Alquran. Ucapan selamat, saya tujukan kepada wali santri yang pada hari ini anaknya yang telah diwisuda,” terangnya.

Rafiq menambahkan, Insya Allah santri/santriwati yang khatam dan wisuda pada hari ini menjadi anak yang soleh dan soleha. Selain itu, lanjut Rafiq, Insya Allah menjadi jaminan bagi orangtua di akhirat kelak.

”Bagi santri/santriwati dari keluarga kurang mampu, yang ingin melanjutkan kuliah. Dibantu baik melalui jalur Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Karimun ataupun jalur pemerintah melalui ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Saat ini, Kabupaten Karimun memiliki 8 Rumah Tahfidz dan 16 Pondok Pesantren. Selain itu, juga memiliki 159 ustaz/ustazah yang mengajar pada Rumah tahfidz dan pondok tersebut yang diberikan insentif oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Lainnya, ada 332 TPQ, 125 DTA dengan jumlah guru sebanyak 2.015 orang dan 21.000 lebih santri. Pada kesempatan yang sama Aunur Rafiq meresmikan gedung asrama putra sebanyak 1 unit berlantai 2, yang di bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here