Halte Dijadikan Dwi Fungsi

0
643
Kadishub: Kadishub Batam, Yusfa Hendri menunjukkan desain halte yang akan dipasang di depan Palm Spring, Batamcenter. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Pemerintah Kota Batam, akan membenahi halte bus yang ada. Terutama di depan Palm Spring, yang biasa digunakan penumpang busway dari Sekupang dan dari Batamcenter. Selain menggeser lokasinya, desain halte juga diubah. Halte nantinya tidak punya tangga, sehingga memudahkan orang tua untuk menggunakannya.

Perubahan letak dan desain halte dan u-turn diintruksikan Wako Batam, HM Rudi, Senin (11/9), saat meninjau pelebaran jalan di depan Palm Spring Batamcenter dan depan BNI Sei Panas. Terkait halte diakui, akan dibuat simple dan tidak tinggi seperti yang ada saat ini. Sehingga tidak menyulitkan pengguna terutama orangtua. ”Tinggi halte hanya akan dibuat 10-20 cm dari badan jalan. Yang penting tidak masuk air. Kita buat simpel, enak dilihat, bisa berteduh. Karena halte ini hanya untuk tempat tunggu sementara. Orang tidak berlama-lama di sana,” ujarnya.

Baca Juga :  Batam Kota Juara MTQ

Rudi mengatakan halte akan didesain menjadi dwifungsi. Atap halte juga akan dibangun mengarah ke pedestrian jalan. Sehingga pejalan kaki yang lelah bisa berteduh sejenak di bawah atap halte. Tapi keberadaan halte, jangan sampai mengganggu u-turn. ”Tapi haltenya tidak seperti dulu, pakai tangga. Kita buat simple aja. Kan untuk tempat menunggu, sebentar aja. Jadi simple aja haltenya. Jadi kalau cepak, bisa disitu berteduh,” sambung Rudi.

Dengan demikian, maka fungsi jalan yang sudah lebar, akan lebih maksimal. Tidak hanya lalu lintas kendaraan. Namun akan ada aktivitas lain.  ”Jalan yang dilebarkan sudah selesai, tapi bagi pengguna bus kurang nyaman. Kita turun untuk menentukan lokasi halte. U-turn kita geser sedikit. Halte kita bangun satu,” kata Rudi.

Baca Juga :  Pengusaha Diminta Tak Khawatirkan Pemilu

Ke depan acara-acara seperti karnaval yang biasa dilakukan di Nagoya, bisa dipindah dari Nagoya dan Engku Putri, ke Sei Panas. ”Tadi sudah bicara dengan Wawako (Amsakar Achmad), jalan yang lebar bisa berfungsi maksimal. Misalnya pawai pembanguan pindah ke sana. Kegiatan pawai-pawai lain bisa lewat sana,” bebernya.

Selain itu, nantinya jalan di sekitar Palm Spring, akan dipasang lampu hias. Pembangunan lampu-lampu direncanakan dilakukan tahun 2018. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here