Hamid Akan Bikin Perda Plastik

0
250
KEDUBES Amerika Serikat Joseph Donovan ketika memberikan keterangan tentang sampah plastik yang merusak ekosistim laut setelah menonton film A Plastic Ocean bareng Bupati Natuna Hamid Rizal, Kamis (8/11) pekan lalu. f-istimewa

Bupati Natuna Hamid Rizal akan segera merancang Peraturan Daerah (Perda), yang mengatur penggunaan bahan plastik dan pengelolaan sampah plastik. Niatan itu muncul setelah menonton film A Plastic Ocean di Aula SMAN 1 Bunguran Timur, Kamis (8/11) bersama Duta Besar AS untuk RI Joseph R Donovan.

NATUNA – Film itu bercerita tentang bahaya sampah plastik, bagi habitat dan ekosistem laut.

Bahaya yang sama juga akan terjadi di darat, bila sampah plastik tidak dikelola dengan baik.

Setelah menonton film, ia dan Dubes AS berdialog dengan murid SMA dari sejumlah sekolah yang ada di Pulau Bunguran.

Pelajar sebagai peserta dialog terlihat responsif, menanggapi sampah plastik dan banyak di antara mereka yang bertanya dan bahkan ada yang memberikan saran tentang pengelolaan sampah plastik kepada Donovan dan Hamid.

”Saya berkesempatan menyelam di laut Natuna. Airnya jernih dan alamnya indah. Tapi saya lihat karang dan rumput lautnya ada yang sudah mengalami ganguan. Dimana rumput laut dan karangnya ada yang terlihat memutih, karena terkontaminasi sampah plastik,” tutur Donovan kepada hadirin.

Menurutnya, sampah bukan hanya merusak terumbu karang akan tetapi seluruh sistem kehidupan laut juga pasti terganggu.

Bahkan kehidupan manusia juga akan terganggu, karena ikan yang menjadi salah satu rangkaian kehidupannya mengkonsumsi plastik.

”Kalau anda membiarkan plastik mengganggu laut, sama saja artinya anda bunuh diri, karena ikan yang anda konsumsi teracuni dengan kandungan kimia plastik. Orang Amerika banyak mengkonsumsi ikan dari Indonesia, dan sebagiannya berasal dari Natuna. Dengan ini, saya mengajak kita semua untuk menjaga laut dari sampah plastik. Anda yang paling bertanggungjawab menjaganya,” tegas Donovan.

Menyadari hal itu, Bupati Natuna Hamid Rizal tidak kalah responsif dengan pelajar dan Dubes AS.

Pada kesempatan itu ia menegaskan, dirinya akan segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur penggunaan plastik dan pengelolaan sampah plastik.

”Film dan dialog ini bagus sekali. Saya akan segera membuat Perda tentang sampah plastik. Bila perlu di Natuna ini tidak ada lagi yang menggunakan plastik, mending kita menggunakan dedaunan ketimbang plastik. Kita pake yang alami saja biar kelestarian lingkungan kita tetap terjaga,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan dirinya akan mengambil sebuah kebijakan lokal untuk menjaga keamanan dan kelestarian laut.

”Saya juga akan mempertegas kepada masyarakat agar menjadikan laut sebagai beranda depan rumahnya, seperti yang telah dipesankan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti kepada kita semua. Laut kita harus lestari,” tegasnya mengakhiri. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here