Hamid Prioritaskan Program AMPL

0
704
Hamid Rizal

NATUNA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Natuna berkomitmen untuk memprioritaskan program kebijakan Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL). Hal ini bertujuan, untuk mendukung dalam pemenuhan layanan dasar air minum dan sanitasi. Hal itu telah diatur berdasarkan Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pada pasal 12 Ayat 1 yang dijelaskan perwujudan 100% akses air minum dan sanitasi.

Sehingga, hal itu merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna perlu memperhatikan sektor air minum.

Baca Juga :  Bangun Rumah Dinas Bupati Butuh Rp 10 Miliar

Berdasarkan hasil survei dari UNICEF ditahun 2014 melalui program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) menyebutkan bahwa 88% kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh kesulitan mengakses air bersih dan keterbatasan sistem sanitasi.

”Dengan memiliki niat baik, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Maka kita perlu memperhatikan layak, atau tidaknya air minum yang dikonsumsi masyarakat. Maka, melalui program AMPL pemerintah berupaya semaksimal mungkin bisa diimplementasikan dalam RJPMD,” kata Hamid, diselah acara Worksop kebijakan dan strategi pembangunan air minum, dan sanitasi Perencanaan Daerah Regional I Di Hotel Le Polonial, Medan, Kemarin.

Baca Juga :  Keluar Api, Warga Berhamburan di SPBU

Hamid mengatakan, penyediaan air minum yang merupakan bagian dari kegiatan preventive penyakit dirasa sangat penting untuk mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat. ”Oleh karena itu, kita ingin segala yang menyangkut masalah air supaya ditingkatkan. Sehingga strategi AMPL bisa tercapai,” ujarnya.

Ketua Panitia DR A Damenta (Direktur SUPD II, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Dalam) menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri ini bertujuan, untuk meningkatkan pemahaman terkait strategi AMPL.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here