Hamil Duluan, Banyak Minta Dispensasi Nikah

0
2558
Inilah kantor Pengadilan Agama Negeri Tanjungpinang di Senggarang, Tanjungpinang. f-patma/tanjungpinang pos
Di Tanjungpinang dan Bintan bukan hanya angka perceraian kalangan ASN meningkat yang disebabkan karena berselingkuh dengan rekan kerjanya.

TANJUNGPINANG – Namun, kasus hamil di luar nikah anak-anak di bawah umur cukup banyak. Banyak masyarakat (orang tua, red) yang mengajukan dispensasi menikah untuk anaknya ke Pengadilan Agama Kota Tanjungpinang.

Sejak diberlakukannya undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan yang mengatur tentang batas usia perkawinan menjadi 19 tahun, banyak yang minta dispensasi nikah.

Hal ini diungkapkan Hakim Utama Muda Pengadilan Agama Tanjungpinang Najmuddin di kantor Pengadilan Agama Tanjungpinang, Rabu (25/2).

”Sangat banyak yang meminta dispensasi nikah, karena banyak yang belum 19 tahun tapi sudah mau menikah dengan berbagai alasan. Termasuk hamil duluan,” ujar Najimuddin.

Menurut Najimuddin, khusus Kota Tanjungpinang dan Bintan banyak mengajukan dispensasi nikah karena hamil diluar nikah. Tapi sedikit juga pernikahan di bawah usia 19 tahun karena sifat yang alim.

”Banyak yang menikah karena hamil diluar nikah tapi ada juga karena alim, katanya takut jikalau melakukan hal-hal yang dilarang agama sebelum pasangan itu halal atau sah,” paparnya.

Meski demikian, Najimuddin yang juga menjabat sebagai hakim di Pengadilan Agama Kota Tanjungpinang menyebutkan dispensasi nikah juga ada yang diminta sendiri oleh orangtuanya. Karena, melihat pergaulan anaknya sudah diluar kewajaran.

”Misalnya orangtuanya bilang ke saya mau minta dispensasi menikah karena beliau geger melihat anaknya lengket sama pacaran atau berpacaran berlebihan. Orang tuanya takut mereka melakukan hal-hal yang memalukan keluarga. Dan, anak itu suka sama suka,” ucap Najimudin di ruang kerjanya.

Hal tersebut juga penyebab meningkatnya dispensasi nikah di Pengadilan Agama Kota Tanjungpinang.

Dispensasi nikah diajukan masyarakat karena berbagai alasan. Ada minta supaya nikahkan meskipun usianya belum cukup 19 tahun karena alasan ia untuk menghindari zina. Apakah Anda salah satu yang ingin menikah usia dini? (PATMA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here