Hapkido Segera Masuk Sekolah

0
1098
ANAK-ANAK sekolah memperagakan beberapa teknis kuncian beladiri Hapkido yang diajarkan Piter, baru-baru ini.F-istimewa

Banyak Atlet Pelajar Kepri Bertanding di Tingkat Internasional

Cabang olahraga (Cabor) beladiri asal Korea Selatan, Hapkido rencananya akan diperkenalkan di sekolah-sekolah di Kepri melalui ekstrakulikuler.

TANJUNGPINANG – Keinginan itu disampaikan Ketua Pengurus daerah (Pengda) Hapkido Indonesia di Kepri, Piter kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini, usai melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sabuk hitam kepada seratusan peserta di Tanjungpinang.

Terkait realisasinya, untuk tingkat SMA sederajat akan dikomunikasikan melalui Disdik Kepri. Begitu juga tingkat SD dan SMP akan berkomunikasi dengan Disdik Tanjungpinang maupun Dispora Tanjungpinang.

Dituturkannya, minat siswa ingin berlatih beladiri Hapkido juga besar, terbukti banyak yang mengikuti latihan. Bahkan kini, para pelajar tersebut menjadi atlet dan berprestasi tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Perkenalkan Penerbangan ke Siswa

Piter menuturkan, latihan rutin dilaksanakan dua kali seminggu. Khusus di Tanjungpinang biasanya dilaksanakan Senin dan Kamis malam di showroom Yamaha Malaka Abadi, Batu 9 Tanjungpinang.

Dituturkannya, belum lama ini, 10 atlet Hapkido asal Kepri menyumbangkan sembilan emas untuk Indonesia saat bertanding di kejuaraan Hapkido se-Asia Tenggara yang dilaksanakan di Singapura, Maret lalu.

Bahkan dituturkannya, tujuh diantaranya mendapatkan tiket berlaga di tingkat Asia yang dilaksanakan di Korea Juli mendatatang. Terkait akan ikut serta atau tidak masih akan dibahas di tingkat pengurus daerah.

Baca Juga :  Bakti Sosial Kesehatan Gigi ke Pelajar

Ia meyakini, jika olahraga ini masuk sebagai ekstrakuler di setiap sekolah akan banyak melahirkan atlet-atlet Hapkido dari Kepri yang berpretasi. Dituturkannya, bentuk pertahanan diri Hapkido memakai teknik kuncian, tendangan, pukulan, lemparan dan alat-alat ata senjata. Piter juga berharap nantinya, bela diri Hapkido bisa menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di O2SN tingkat kota-kabupaten maupun Provinsi Kepri nantinya.

Ia menilai, untuk merealisasikan ini tidak sulit. Sebab, lapangan yang digunakan sama dengan beberapa olahraga lainnya, seperti silat, karate maupun Taekwondo. ”Jadi kita juga bisa menggunakan lapangan beberapa cabor lainnya. Tidak butuh waktu lama, sebab pertandingannya sangat efisien dan profesional,” ungkapnya.

Baca Juga :  Siswa Berprestasi Dapat Beasiswa Danlantamal IV

Dituturkannya, latihan Hapkido juga terbuka untuk masyarakat umum. Berguna untuk kebugaran tubuh serta menjadi pegangan bila ada lawan atau musuh menyerang. ”Kita ingin memasyarakatkan olahraha Hapkido, yang aplikasi kunciannya diyakini bisa diikuti setiap orang dari berbagai usia,” ujar Piter yang juga pelatih.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here