Harga Ayam Potong Masih Bertahan Rp40 Ribu Per Kilo

0
78
Warga saat membeli ayam di pasar tradisional Tanjungpinang belum lama ini. Warga mengeluhkan masih mahalnya harga ayam potong. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga daging ayam broiler (ayam potong) di Pasar Baru Tanjungpinang naik hingga mencapai Rp40 ribu per kilogram (kg).  Padahal harga normal ayam berada di kisaran Rp 32 ribu per Kg. Hampir tiga pekan harga ayam potong bertahan di harga Rp 40 ribu.

Pedagang ayam potong mengaku, harga ayam masih tinggi, karena selain stok minim juga karena harga sudah tinggi dari distributor. Alasan distributor karena harga pakan ayam juga melampung tinggi.

Harga sayur mayur dan kebutuhan sehari-hari di pasar baru Tanjungpinang hingga saat ini harga masih tergolong stabil. Meskipun ada item-item sayur mayur mengalami kenaikan dan penurunan harga.

Kepala Bidang Satbilisasi Harga dan ekspor impor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tanjungpinang, Ani mengatakan, untuk harga kebutuhan bahan pokok yang jual pedagang sekarang masih stabil. Kenaikan tidak ada yang signifikan apalagi setalah lebaran Idul Adha. ”Harga ayam masih tinggi di harga Rp40 ribu,” ujarnya, kemarin.

Sambung dia, untuk harga cabai merah di harga Rp34 ribu hingga Rp38 ribu, cabai hijau Rp 35 ribu sampai Rp 38 ribu, cabai rawit Thailan Rp60 ribu dan cabai rawit Jawa Rp33 ribu hingga Rp36 ribu per kilonya. ”Cabai ada yang naik, cabai hijau yang sebelumnya Rp28 ribu sekarang Rp35 ribu dan cabai rawit jawa sebelumnya Rp32 sekarang Rp33 ribu,” sebutnya.

Ani menuturkan, harga ikan tongkol per kilonya Rp 25- 35 ribu, selikur Rp 22 sampai Rp35 ribu, selar Rp50 ribu hingga Rp65 ribu dan kembung Rp40 ribu sampai Rp45 ribu, semua tergantung dari kondisi ikan.

Kacang panjang per kilonya Rp7 ribu, kangkung Rp4 ribu, bayam Rp4 ribu dan sawi Rp4 ribu per kilonya. Sedangkan timun Rp12 ribu per kilo, terong Rp10 ribu, sayur buncis Rp16 ribu dan brokoli Rp42 ribu. ”Sayur mayur rata-rata turun harga sekitar seribu hingga dua ribu perkilonya,” jelasnya.

Lanjutnya, kedelai Rp 9-10 ribu per kilo, gula pasir Rp 12 ribu, tepung terigu Rp 7 ribu perkilonya, minyak goreng kemasan Rp 12 ribu dan minyak goreng curah Rp 12 ribu. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here