Harga Ayam Stabil, Pasokan Sotong Terbatas

0
626
MENUNGGU: Pedagang ayam segar menunggu pembeli di kiosnya. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Harga daging ayam segar di Pasar Baru masih stabil di kisaran Rp 34 ribu, diperdiksikan harga akan naik pada saat mendekati hari Natal dan Tahun Baru 2018, Minggu (26/11).

Berbeda dengan harga ikan yang mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan angin musim utara yang mebuat hasil tangkap nelayan sedikit dari biasanya.

Bahkan banyak yang tak berani melaut, khawatir hujan disertai angin kencang. Salah satu pedagang ayam segar, Ahmat menyebutkan, saat ini harga tidak ada kenaikan, masih stabil dari beberapa bulan yang lalu. ”Hampir beberapa bulan ini harga daging ayam tidak ada kenaikan,” katanya.

Ia menyebutkan, dalam satu hari bisa menjual puluhan kilo daging ayam terutama pada hari libur, karena jumlah pengunjung meningkat di pasar. ”Penjualan meningkat di Sabtu dan Minggu. Jika hari lain agak sedikit,” sebutnya.

Ahmad menjelaskan, biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru biasanya mengalami kenaikan. Menurutnya wajar karena jumlah permintaan meningkat. Seperti hukum pasar, jika permintaan lebih banyak dari pada persediaan maka hgarga akan naik. ”Sudah biasa tahunan itu, Kisaran naiknya paling tidak tiga sampai lima ribu per kilo. Tergantung dari pemasok,” ungkanya.

Meski harga daging naik, biasanya khusus bagian hati serta ampela ayam yang dijualnya tidak ikutan naik harga. Saat ini, hia menjual sekitar Rp 30 ribu per kilo. ”Ya, lumayan lah ada juga yang beli hati dan ampela ayam. Setiap hari habis 7 kilo,” ujarnya.

Berbeda dengan ikan segar mengalami kenaikan, untuk jenis selar dari biasanya Rp 35 ribu kini dikisaran Rp 40-45 ribu per kilo. Begitu juga dengan ikan jenis lainnya. Seperti benggol juga mengalami kenaikan, dari biasanya Rp 20-25 ribu kini Rp 30-35 ribu per kilo. Begitu juga dengan ikan tongkol, menjadi Rp 30 ribu per kilo dari biasanya hanya Rp 18 ribu. Ini diungkapkan, Ujang salah satu pedang ikan di Kota Lama.

Bahkan, banyak rekannya yang tak berjualan karena stoknya tak ada. Para nelayan di Bintan banyak yang tak melaut. Bahkan jika tetap turun hasilnya tidak begitu banyak. Ini membuat harga ikan yang di dapat naik.

Meski demikian, kini ikan jebung yang paling murah dari antara ikan lainya. Kini masih tetap sama yaitu Rp 12-13 ribu per kilo. Bahkan permintaannya terus meningkat dari hari biasanya. ”Biasaya warga beli ikannya di masak panggang,” unggkapnya.

Di Pasar Baru saat ini ikan jebung sangat banyak, pasalnya banyak peminat, membuat para pedagang mulai antusias menjualnya, selain enak dan murah ikan jebung juga mudah di dapat oleh para nelayan dari kijang.

Musim angin utara akan segera datang membuat harga ikan mahal seperti ikan merah. Kini dikisaran Rp 70-90 ribu per kilo. yang dulunya 35-37 ribu per kilo. Untuk sotong kini susah dijumpai di pasar karena pasokan terbatas. (ray/lestari/dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here