Harga Bahan Pangan Naik

0
78
SEORANG konsumen memperlihatkan bawang merah sebelum membeli ke pedagang, kemarin.

PELANTAR – Sejumlah harga bahan pangan di pasar Pelantar, Tanjungpinang naik, menjelang Natal dan Tahun Baru ini. Sejumlah konsumen menjerit akibat kenaikan harga sembako ini.

Enny Sri Hartati mengatakan, penyebab utama kenaikan harga sembako di pasar, karena tidak seimbangnya ketersediaan dan permintaan pangan. Ditambah lagi kecenderungan masyarakat lebih banyak membeli sembako pada momen hari besar agama, saat ini.

”Sehingga harga naik, karena ketersediaan bahan pangan yang terbatas,” katanya Minggu (23/12).

Menurutnya, persoalan kenaikan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru merupakan persoalan klasik, yang seharusnya sudah bisa diantisipasi, jika ada aturan dan ketentuan pemerintah yang tegas.

”Seperti sekarang lah, sejak awal Desember lalu, harga bawang merah yang semula Rp20 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 25 ribu,” sebutnya.

Selain bawang merah, harga caba rawit naik menjadi Rp 21 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 19 ribu. Harga daging sapi yang beku juga meningkat menjadi Rp 125 ribu, sebelumnya di kisaran Rp 115 ribu. Harga daging segar mencapai Rp 150 ribu per kilogram.

Kasat Reskirm Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali mengatakan, Satgas Pangan bekerja sama dengan tim TPID untuk mengontrol harga-harga di pasaran. ”Kita sudah mengontrol, kenaikan harga sembako itu dikarenakan kondisi cuaca,” jelasnya.

”Nanti kita akan mengecek dan turun ke lapangan. Apakah dikarenakan pasokan atau keterlambatan kapal pengengkut sembako, nanti kita lihat,” tambahnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here