Harga Bawang dan Cabai Masih Tinggi

0
448
MEMEGANG CABAI: Salah satu pedagang di Bincen, Lino sedang memegang cabai merah yang dijualnya. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga bawang, cabai serta sayur mayur yang dijual para pedagang Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, masih terbilang tinggi. Salah satu pedagang yang berjualan di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, Sirait menuturkan, harga bawang merah India mengalami kenaikan lebih dari 100 persen. Dari sebelumnya Rp 10 ribu kini naik menjadi Rp 18 sampai dengan Rp 24 ribu per kilo.

Ia mengaku, tidak begitu tahu pasti penyebab kenaikan harga bawang merah India yang dijualnya. ”Kemungkinan proses transportasi ke Tanjungpinang akan terhambat dari biasanya karena cuaca,” ucap dia kepada Tanjungpinang Pos di Pasar Bestari Bincen, kemarin.

Selain bawang merah India, kata dia, bawang merah Jawa, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit hingga sayuran segar mengalami kenaikan harga. Bawang merah Jawa, hanya mengalami kenaikan harga Rp 12 ribu, dari harga awal Rp 24 ribu menjadi kisaran Rp 34 ribu hingga Rp 36 ribu per kg.

Cabai merah masih tinggi, kisaran Rp 28-36 ribu per ribu. Sedangkan cabai rawit lokal mengalami kenaikan Rp 6 ribu, dari Rp 30 ribu menjadi Rp 36 ribu per kg. Cabai hijau mengalami kenaikan Rp 12 ribu, dari harga awalnya kisaran Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu menjadi Rp 36 ribu per kg. ”Kalau cabai rawit dari Jakarta tidak mengalami kenaikan harga. Masih tetap Rp 26-30 ribu per kg,” terang dia.

Ia tegaskan, cabai rawit lokal dan Jakarta sangat berbeda. Kalau cabai rawit dari Jakarta, tidak keriting dan batangnya mudah lepas dari cabainya. Sedangkan cabai lokal berbentuk agak keriting, dan tangkainya tidak mudah lepas dari cabainya hingga sampai layu dan busuk. ”Pedas cabai lokal, dari pada cabai dari Jakarta,” ucap dia.

Kemudian, sayur bayam yang dijualnya kini dikisaran Rp 8-10 ribu per kg. Harga sayur kangkung dari Rp 6 ribu menjadi Rp 10 ribu. Kacang panjang dari Rp 6 ribu menjadi kisaran Rp 8 ribu sampai Rp 9 ribu, sawi hijau kisaran Rp 10 ribu per kilo. Sawi minyak dari Rp 10 ribu menjadi Rp 14 ribu per kilonya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here