Harga Bawang Merah India Rp 30 Ribu per Kg

0
968
MENUNGGU PEMBELI: Salah satu pedagang di Kota Lama sedang menunggu pembeli di kios miliknya. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sejumlah harga komoditi di Pasar Tradisional mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir. Contohnya saja, harga bawang merah India dari semula Rp 10 ribu, kini secara bertahap naik jadi menjadi Rp 30 ribu. Pantauan Tanjungpinang Pos, di Pasar Baru, Kota Lama Tanjungpinang, kenaikan juga pada harga bawang merah Jawa yang semula Rp 30 ribu kini naik Rp 40 ribu per kilo. Untuk bawang putih, juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp 24 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Salah satu pedagang Pasar Baru, Kota Lama, Afrida menuturkan kenaikan bumbu dapur secara bertahap.

Baca Juga :  Liburan, Tak Ada Penambahan Feri

Contohnya saja bawang merah India, pada seminggu terakhir, beberapa kali naik. Padahal, momen Lebaran stabil hanya sekitar Rp 10 ribu. Biasanya naiknya bertahap, bahkan dalam satu hari bisa dua kali naik. Mulai dari Rp 12 ribu, Rp 18 ribu, Rp 20 ribu hingga kini Rp 30 ribu per kilonya. Sementara wortel naik sekitar Rp 2 ribu dari Rp 14 ribu kini menjadi Rp 16 ribu per kilo. Untuk kentang yang semula Rp 65 ribu naik menjadi Rp 70 ribu per kilogramnya. ”Kenaikan harga terjadi pada seminggu terakhir ini memang,” katanya Jumat (21/7).

Baca Juga :  Dinsos Sinkronkan Data Penerima BPNT

Misalnya saja, pagi ini harga bawang, Rp 12 ribu. Saat stok habis, beli lagi ke agen harga modalnya sudah naik. Jadi pedagang menjual Rp 15 ribu per kilo.
Pihaknya menjual berpatokan pada harga agen, bila turun pasti harga jual ke masyarakat juga turun. Bila naik, maka demikian juga di jual. ”Untung kami paling kecil dari per karung,” akunya.

Afrida menyebutkan, mengatasi kenaikan yang tidak menentu dirinya hanya membeli sedikit agar tidak menanggung kerugian yang besar apabila nanti harganya turun. ”Berharap kepada pemerintah untuk bisa menstabilkan harga sehingga tidak menimbulkan ke khwatiran para ppedagang,” tuturnya.

Baca Juga :  Hari Ini Ongkos Naik Bus Gratis

Seorang pembeli, Siti mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih semakin mahal. Kini harga sembako lainnya juga semakin tinggi. Meski begitu, ia tetap membeli meski hanya tterbatas untuk kebutuhan sehari-hari.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here