Harga Bawang Merah Turun Rp 6 Ribu

0
873
MEMILIH: Salah satu pembeli sedang memilih bawang di Pasar Bincen. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga tiga komoditi bawang turun Rp 6 ribu per kilo. Mulai dari bawang merah Jawa, bawang merah India dan bawang putih. Hal ini sudah terjadi sejak dua hingga tiga hari ini.

”Turunya harga bawang sudah dari distributor. Jadi, saya jbegitu juga ke para pembeli,” kata Amri Kuciano, salah satu penjual bawang di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (18/10).

Saat ini, harga bawang merah Jawa dan bawang putih yang dijualnya ssenilai Rp 30 ribu per kilo. Awalnya, dua komoditi bawang tersebut hanya Rp 36 ribu per kilo. Sedangkan harga bawang merah India sudah Rp 20 ribu per kilo. Sebelumnya hanya bawang India hanya mencapai Rp 26 ribu per kilo.

Baca Juga :  Dua Komunitas Terima Alat Kebersihan

”Yang saya tau, bawang ini berasal dari Batam. Entah dari mana lagi, saya tidak tau,” ucap dia.

Berbeda dengan komoditi cabai yang mengalami kenaikan harga kisaran Rp 2 ribu hingga Rp 6 ribu per kilo. Untuk cabai rawit kini mencapai Rp 30 ribu hingga Rp 32 ribu per kilo. ”Sebelumnya, saya jual cabai rawit hanya Rp 28 ribu per kilo,” terang dia.

Dua komoditi cabai lainnya, seperti cabai merah dan hijau sudah mengalami kenaikan Rp 6 ribu per kilo. Saat ini, cabai merah yang dijualnya mencapai Rp 42 ribu, dari harga sebelumnya hanya Rp 36 ribu per kilo.

Baca Juga :  Fiber Ikan Bikin Semak Pasar Bincen

Sedangkan harga cabai hijau kisaran Rp 32 ribu hingga Rp 34 ribu per kilo, dari harga awalnya hanya kisaran Rp 27 ribu hingga Rp 28 ribu per kilo. Komoditi seperti jahe, kunyit, kencur, tomat hijau, tomat merah serta kentang tidak mengalami kenaikan harga alias stabil.

Sekarang harga kunyit dan tomat hijau hanya Rp 13 ribu per kilo. Kemudian, harga jahe, tomat merah dan kentang mencapai Rp 15 ribu per kilo. ”Enam komoditi ini jarang terjadi perubahan harga. Hal ini karena stok selalu aman yang membuat harga pasar selalu normal,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here