Harga Bibit Sapi Naik, Nilai Jualnya Tetap

0
100
PETERNAK sapi di Desa Lancang Kuning, Bintan Utara memberi pakan.

BINTAN – Peternak sapi di Bintan mengeluhkan harga penjualan hewan kurban, yang cenderung tidak mengalami kenaikan. Padahal, harga beli bibit sapi naik setiap tahunnya.

Miswandi, seorang peternak di Kampung Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara mengatakan, saat ini, harga sapi berkisar Rp19 juta hingga Rp28 juta. Harga jual itu sama nilainya, bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk jumlah penjualan sapi untuk hewan kurban, menurutnya, ada penurunan, dibandingkan tahun lalu. Saat ini dikelompoknya sudah 70-an ekor sapi terjual untuk kurban. Sedangkan tahun lalu dikisaran 100-an ekor.

Baca Juga :  KPU Bintan Fasilitasi Pleno DPSHP PPK Tambelan

”Memang ada penurunan, tapi sedikit. Mungkin kami berharap di waktu menjelang hari H akan ada penjualan lagi,” sebutnya, Senin (13/7).

Ia mengatakan, untuk sapi yang dia ternak penggemukan seluruhnya dipasok dari Lampung. Namun harganya diakuinya semakin naik.

”Kami biasa penggemukan lah, 5 atau 6 bulan sebelum Idul Adha sudah kami datangkan dan ternak. Hanya saja memang kendala konsetrat pangan sapi yang belum ada di Bintan. Sehingga hasil pembesaran belum maksimal seperti Jawa maupun Sumatera,” ucapnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here