Harga Cabai dan Bawang Turun

0
697
ANITA seorang pedagang melayani masyarakat yang beli cabai di Pasar Bestari Bincen, Selasa (29/5) kemarin.F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Harga cabai dan bawang telah mengalami penurunan, memasuki pekan kedua Ramadan ini. Penurunan harga cabai kisaran Rp 2 ribu sampai Rp 11 ribu per kilo. Sedangkan harga bawang hanya Rp 2 ribu per kilo.

Penurunan harga komoditi cabai dan bawang telah terjadi di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang. Anita seorang penjual cabai di Pasar Bestari Bincen mengatakan, terjadi penurunan harga dikarenakan para petani di Medan dan Jawa, sedang panen raya. Sehingga harga cabai dan bawang yang dijual oleh para pedagang di pasar tradisional mengalami penurunan harga.

”Sudah seminggu ini, harga cabai dan bawang turun,” kata Anita kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (29/5).

Baca Juga :  FPSS Harus Bisa Sejahterakan Masyarakat

Tiga jenis komoditi cabai yang mengalami penurunan harga. Mulai dari komoditi cabai rawit dan cabai hijau mengalami penurunan harga hanya mencapai Rp 2 ribu per kilo. Sebelum turun, harga cabai rawit telah mencapai Rp 32 ribu per kilo. Jadi, sekarang harga cabai rawit sudah menjadi Rp 30 ribu per kilo. Berbeda dengan harga cabai hijau dari Rp 40 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilo.

”Untuk jenis komoditi bawang yang mengalami penurunan harga Rp 2 ribu, yakni bawang merah Jawa dan bawang merah India. Kalau harga bawang putih masih tetap alias stabil Rp 28 ribu per kilo,” ucap dia.

Baca Juga :  Siswa Magang Wajib Terdaftar di BPJS

Saat ini, bawang merah India yang dijualnya mencapai Rp 12 ribu per kilo. Sebelumnya, harga bawang merah India bisa mencapai Rp 14 ribu per kilo. Sedangkan harga bawang merah Jawa saat ini hanya Rp 32 ribu. Sebelum mengalami penurunan Rp 2 ribu, harga bawang merah Jawa telah mencapai Rp 24 ribu per kilo.

”Kalau cabai merah kering, tomat, bawang bombay dan kentang serta cabai setan masih harganya biasa alias stabil,” terangnya.

Ia menjual harga cabai merah kering Rp 50 ribu per kilo, bawang bombay Rp 17 ribu, kentang Rp 13 ribu, tomat Rp 12 ribu dan harga cabai rawit setan sekitar Rp 46 ribu per kilo.

Baca Juga :  Pedagang Terpaksa Jual Bawang Impor

”Kalau mau dekat lebaran nanti, kita tidak bisa prediksi. Apakah harga cabai dan bawang akan seperti ini, atau turun lagi atau harganya naik. Kita lihat saja nanti,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here