Harga Cabai Merah Merangkak Naik

0
613
CABAI: Pedagang di Pasar Puan Maimun saat melayani pembeli, Senin (9/10). F-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – HARGA cabai merah di tingkat pengecer Pasar Puan Maimun dan Pasar Bukit Tembak, Meral merangkak naik.
Sebelumnya dari Rp 40 ribu per kilogram (Kg) naik menjadi Rp 50 ribu per Kg.

”Harga cabai merah mulai naik, masa panen petani di Pulau Jawa dan Sumatera mulai berangsur berakhir. Sedangkan, pasokan petani Karimun belum mampu berbuat banyak untuk memenuhi kebutuhan cabai merah di Karimun setiap saatnya,” kata Br Saragih, seorang pedagang, Senin (9/10).

Untuk harga cabai hijau Rp 30 ribu per Kg, dan cabai rawit, Rp 33 ribu per Kg. Ia menyebutkan, mayoritas pedagang di pasar menjual cabai merah yang dipasok dari dari Sumatera Barat, Sumatera Utara serta Pulau Jawa.

Baca Juga :  Bendahara Setwan Jadi Tersangka

”Jauhnya asal daerah yang memasok cabai, mau tidak mau pedagang harus menaikkan harga dengan keuntungan Rp 5 ribu hingga 10 ribu per Kg,” terang Br Saragih.

Ia menambahkan, dilihat dari untung per Kg dianggap mengambil banyak keuntungan terlalu banyak. ”Pedagang harus memikirkan biaya ongkos kirim, susut cabai membuat timbangan berkurang. Setiap hari, berat cabai terus menurun,” jelasnya.

Saat ini, petani mulai memanfaatkan lahan untuk ditanami cabai merah dengan harapan tiga bulan ke depan saat musim panen tiba. Untuk harga cabai merah di Karimun, masih di kisaran Rp 50 ribu per Kg. Sedangkan, harga kebutuhan lainnya seperti sayuran masih normal. Sebab, pasokan masih stabil.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here