Harga Cabai Merah Rp 42 Ribu per Kg

0
1036
MEMEGANG CABAI: Salah satu pedagang di Bincen, Lino sedang memegang cabai merah yang dijualnya. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga cabai merah sempat mencapai Rp 80 ribu per kilo. Tapi, ini hanya terjadi sehari pada, Senin (18/9). Kenaikan ini lebih dari seratus persen bila dibandingkan dengan harga sebelumnya hanya Rp 38 ribu. Kini harga cabai merah menjadi Rp 42 ribu per kilo.

Hal ini dikatakan salah satu pedagang di Pasar Bestari Bintan Center (Bincen) Tanjungpinang, Lino kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (24/9). Kenaikan harga terjadi karena stok sempat kosong terkendala soal izin masuknya cabai dari Jawa ke Tanjungpinang.

“Sehari sempat cabai kosong, tetapi kini sudah Rp 42 ribu. Ini juga termasuk mahal bila dibandingkan harga sebelumnya sekitar Rp 38 ribu per kilo,” tuturnya.

Baca Juga :  Warga Pelantar Keluhkan Sampah Setelah Banjir Rob

Kedepan, ia memprediksi sekitar sebulan kedepan harga cabai akan naik. Hal ini dikarenakan, di Pulau Jawa yang merupakan pemasok cabai, mengalami musim kemarau atau kekeringan yang mengakibatkan hasil panen tidak maksimal.

Bila hal ini terjadi maka harga cabai di pasaran akan naik dari biasanya. Bisa-bisa sama seperti akhir tahu lalu mencapai Rp 100 ribu per kilo. ”Saya fikir demikian, semoga stok aman jadi harga bisa stabil dan jikapun naik tidak terlalu mahal,” ungkapnya.

Untuk membuat stok aman, tertu perlu peran pemerintah. Terutama mempermudah izin masuk serta menjalin kerja sama dnegan distribotor dari daerah lain.

Baca Juga :  Nasabah Mulai Tebus Perhiasan Jelang Lebaran Idul Adha

Terkait komoditi bumbu dapur lainnya tidak mengalami kenaikan harga atau stabil. Seprti harga cabai rawit, cabai hijau lokal maupun dari Medan. Begitu juga dengan bawang merah Jawa, bawang merah India, bawang putih, tomat merah, tomat hijau, wortel, kentang, jahe, kunyit, bawang bombay, hingga cabai merah keriting alias kering.

Saat ini, harga cabai rawit dan cabai hijau dari daerah Medan mencapai Rp 28 ribu per kilo. Sedangkan harga cabai hijau lokal mencapai Rp 34 ribu per kilogram. Bawang merah Jawa Rp 34 ribu, bawang India kisaran Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu. Harga tomat merah dan hijau sama yaitu Rp 14 ribu per kilo.

Baca Juga :  Gubernur Minta Maskapai Buka Rute Baru

Kemudian, harga cabai merah keriting alias kering juga masih normal yaitu Rp 48 ribu. Sayur wortel Rp 24 ribu, kentang Bukit Tinggi Rp 16 ribu per kilo, jahe Rp 14 ribu, kunyit Rp 12 ribu dan bawang bombay Rp 18 ribu per kilo. ”Stok dan harga komoditi lainnya sampai kini masih aman. Tidka tahu pergerakannya bulan depan,” paparnya. Hal ini tergantung dari distribor atau penyedia kepada para pedagang.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here