Harga Cabai Tembus Rp 100 ribu per Kilo

0
162
AKTIVITAS pedagang saat melayani pembeli di Pasar Sayur Dabo. F-Tengku/Tanjungpinang pos

LINGGA – Harga cabai merah dan cabe rawit melonjak tajam. Saat ini mencapai 100 ribu per kilo. Naik dua kali lipat dari normalnya, senilai Rp50-60 ribu per kilo.

Bahkan jika beli eceran, harga cabai merah di jual Rp12 ribu per ons. Diketahui, kenaikan harga karena pasokan lebih sedikit dari kebutuhan biasanya.

“Terpaksa kami mengurangi konsumsi cabai karena harga terus naik. Harusnya ada upaya dari pemerintah mensatbilkan harga kebutuhan pokok,” kata Anah, salah seorang warga, kemarin.

Dikatakannya, selain cabai harga kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan. Diinformasikan, naiknya harga kebutuhan pokok ini disebabkan kondisi cuaca yang sedang tidak bagus.

“Hampir semua barang kebutuhan pokok di Dabo di datangkan dari luar daerah. Jika cuaca sedang tidak bagus maka berpengaruh pada harga kebutuhan pokok. Membuat terkejut kenaikan harga cabe sangat tinggi,” ucapnya.

Pedagang di Pasar Sayur Dabo, Linda mengatakan, melonjaknya harga cabai bukan karena transportasi saja namun juga pasokan yang sedikit dari biasanya.

Menurutnya, ada kendala pasokan dari distributor barang di Jambi.

“Informaainya karena petani cabai gagal panen,” ucapnya.

Pantauan Tanjungpinang Pos, harga bawang merah di pasaran saat ini Rp24 ribu per kilo, bawang putih Rp20 ribu per kilo.

Tomat dihargai Rp14 ribu per kilo, cabai kecil dari Jambi Rp56 ribu per kilo. Cabai merah Rp100 dan cabai rawit lokal Rp80 ribu per kilo. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here