Harga Cabai Tembus Rp60 Ribu Per Kilo

0
96
Pedagang cabai di Pasar Baru menunggu pembeli. f-raymon/tanjungpinang pos

Rp17 Miliar untuk Pangan dan Pertanian

TANJUNGPINANG – Jelang Ramadan harga cabai rawit di Pasar Baru II Kota Lama Tanjungpinang naik signifikan.

Harganya tembus Rp60 ribu per kilogram. Bahkan Senin (22/4) sempat mencapai Rp70 ribu. Harga sebelumnya cuma Rp44 ribu per kilogram.

Penyebabnya, karena stok menipis. Petani cabai lokal tidak menanam cabai karena minimnya bimbingan dari Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian kabupaten/kota. Akibatnya, panen petani lokal tidak maksimal.

Semua cabai didatangkan dari luar Kepri. Padahal anggaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemprov Kepri tahun ini cukup besar yakni Rp17 miliar lebih. Banyak lahan di Tanjungpinang khususnya di Kepri bisa dijadikan lahan pertanian, khusus untuk menanam cabai tapi tidak didukung dari dinas pertanian.

Abdul salah satu pedagang cabai di Pasar Baru mengatakan, kenaikan harga cabai sejak empat hari lalu.

”Naiknya lumayan tinggi dari Rp44 ribu per kilogram sekarang (kemarin) jadi Rp60 ribu per kilonya,” katanya, Selasa (23/4).

Lanjutnya, kenaikan harga ini dikarenakan pasokan menipis. Cabai rawit ini didatangkan dari luar Tanjungpinang seperti dari Surabaya, Yogyakarta dan Medan.

”Barang tidak banyak, yang mau membeli banyak jadi harganya yang naik, kita mengikuti dari harga agen saja kalau sudah mahal dari agen kita jual naik juga,” jelasnya.

Sambung dia, tidak hanya cabai rawit yang mengalami kenaikan. Tapi, cabai merah juga naik dari Rp44 ribu menjadi Rp48 ribu per kilogramnya, cabai hijau lokal tidak mengalami kenaikan perkilonya Rp32 ribu.

”Kemungkinan nanti menjelang puasa bisa jadi nanti makin naik,” tuturnya.

Abdul menyebutkan, untuk bawang merah jawa per kilonya Rp28 ribu, bawang putih Rp30 ribu, bawang bombay Rp20 ribu. Dengan adanyan kenaikan pada harga membuat daya beli ikut menurun hal itu bisa dilihat yang biasanya membeli 1/2 kg bisa jadi sekarang turun 1/4 ons saja.

”Kita mengharapkan harga ini bisa turun jadi kita menjualnya enak dengan harga murah maka toko ikut ramai,” jelasnya.

Selain kenaikan pada harga cabai juga terjadi kenaikan pada sayuran kacang panjang. Hal ini diungkapkan Junaidi pedagang sayur sayuran.

Ia menjelaskan, saat ini harga kacang panjang naik menjadi Rp15 ribu perkilonya, sebelumnya diharga Rp8 ribu perkilo. Sedangkan untuk sayuran kankung dan bayam masih diharga normal. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here