Harga Daging Ayam Makin Naik

0
680
PEDAGANG membersihkan ayam potong di pasar pelantar.F-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – WARGA mengeluh, akibat harga daging ayam ras broiler (ayam potong) makin naik di pasaran Pelantar dan sekitarnya, sejak sepekan terakhir. Biasanya, pedagang menjual daging ayam seharga Rp38 ribu per kilogram, kini sudah mencapai 42 ribu per kilogram.

Herman pedagang ayam mengatakan, sudah hampir seminggu ini harga jual ayam potong di kisaran Rp 42 ribu. Harga daging ayam ini naik, karena harga dari agen sudah naik. Pedagang di pasar, hanya menyesuaikan dengan kenaikan harga dari agen itu. ”Sudah sepekan, harga ayam Rp42 ribu per kilo,” katanya Kamis (25/7).

Baca Juga :  Pelindo Bangun Parkir Berlantai 4

Menurut Herman, harga ayam di pasar naik, karena stok ayam di kandang sudah mulai berkurang. Sebagian besar, ayam di kandang belum cukup umur untuk dipotong. ”Stoknya kurang. Sementara, permintaan banyak. Makanya, harga naik,” sebutnya.

Akibat harga naik, daya beli masyarakat agak turun. Kata Herman, yang biasanya warga membeli sampai 3 kilogram, sekarang hanya setengah dari 3 kilogram.

”Awalnya, harga ayam dijual dengan harga sekitar Rp 38 ribu. Kemudian naik menjadi Rp40 ribu. Sekarang sudah mencapai Rp 42 ribu perkilonya. Ada juga pembei yang ngomel,” ungkapnya.

Baca Juga :  Banyak Event, Omzet Pedagang Meningkat

Seorang ibu rumah tangga Kartini mengatakan, dirinya terpaksa membeli daging ayam dengan harga mahal. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya, Kartini membeli 2 sampai 3 kilogram.

”Tak cukup kami beli 1 kilogram. Dengan harga naik sekarang, ya mau gimana lagi. Terpaksa lah kita beli. Mau protes, kepada siapa kita protes,” ujarnya. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here