Harga Daging Ayam Naik

0
174
MENIMBANG: Penjual ayam potong di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang sedang menimbang daging ayam yang dibeli konsumen. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga ayam potong naik seribu, dari sebelumnya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 36 ribu per kilo. Kenaikan ayam potong sudah terjadi dua hari terkahir di Pasar Bestari Bintancenter (Bincen) Tanjungpinang.

Penyebab kenaikan ayam potong karena sedikitnya stok. Hal ini dikatakan salah satu penjual ayam potong di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, Arif.

Kini ayam hidup yang ada di kandang masih berukuran kecil. Untuk itu, belum bisa disembelih atau dipotong hingga dijual ke pasar. Ini yang membuat pasokan ayam potong ke pasar mulai berkurang. Jadi, berdampak pada harga ayam potong yang dijualnya ke konsumen. ”Biasalah, sudah hukum pasarnya seperti ini. Kalau pasokan berkurang, pasti harga ayam potong naik,” ucap dia.

Meskipun demikian, khusus untuk bagian hati serta ampela ayam yang dijualnya tidak naik harga. Saat ini, harga hati serta ampela ayam hanya Rp 35 ribu per kilo. ”Ya, lumayan lah ada juga yang beli hati dan ampela ayam. Setiap hari habis 15 kilo,” sebut dia.

Berbeda dengan harga ikan laut dan daging sapi segar tidak mengalami kenaikan alias masih stabil. Hal ini diutarakan salah satu penjual daging sapi segar, Adek.

Ia mengatakan, harganya masih Rp 140 ribu per kg. Meskipun masih stabil, ia mengeluh dengan daya beli masyarakat yang menurun. ”Daya beli daging sapi segar menurun drastis. Turun sekitar 50 persenan gitu. Biasa kita sanggup menghabiskan 200 kg per hari. Ini sekarang, hanya sekitar 80-90 kg per hari,” sebut Adek sambil melayani konsumen yang beli daging sapi segar.

Kesempatan ini, Kasno, salah satu penjual ikan laut segar, mengatakan, harnya masih stabil. Ini dikarenakan pasokan masih aman. Meski demikian, diperkirakan harganya akan naik menjelang Desember karena hujan disertai angin yang membuat hasil tangkap nelayan sedikit. ”Pasokan ikan laut segar kini aman dari nelayan, jadi harha stabil,” paparnya.

Seperti harga ikan benggol yang dijual sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribu per kg. Kemudian, harga ikan mata besar kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilo untuk kuran kecil. Begitu juga dengan ikan selayar, dan ikan selikur hanya Rp 25 ribu per kg.

”Ikan tongkol putih harganya Rp 25 ribu. Sedangkan yang merah sekitar Rpkan tongkol merah sekitar Rp 20 ribu per kilo,” tuturnya. Sedangkan ikan kerapu merah Rp 40 ribu dan kakap merah Rp 50-60 ribu per kg.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here