Harga Daging Beku di Atas Harga HET

0
232
DISKUSI: Kadisperindag Kota Tanjungpinang, HMJuramadi Esram bersama dengan Kanit Reskrim Polres Tanjungpinang saat berdiskusi dengan pedagang daging. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Kementerian Perdagangan (Kemdag) telah memberikan kebijakan dengan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tiga komoditas yaitu gula pasir, minyak goreng, dan daging beku.

Meski demikian masih belum bisa terealisasi di Tanjungpinang.
Seperti harga daging sapi beku, ditetapkan Rp 80 ribu per kilogram namun di Pasar Kota Lama, Tanjungpinang dijual dengan harga Rp 90 ribu atau berbeda Rp 10 ribu per kilonya.

Herman salah satu pedagang daging di Pasar Kota Lama mengatakan, harga daging beku baru naik sekitar lima ribu, dari harga Rp 85 ribu menjadi Rp 90 ribu. Kenaikan sudah terjadi sekitar satu minggu yang lalu.

”Saat ini harga daging sapi beku masih di tarif yang normal dan stabil yakni Rp 90 ribu,” katanya Selasa (13/6). Menurutnya, ini masih di ambang normal.

”Nggak tahu juga nanti mendekati Lebaran naik atau tidaknya,” tambahnya. Ia mengakui, belum ada peningkatan pembelian untuk daging beku pada Ramadan ini. Terkait kenaikan, menurutnya biasa pada bulan Ramadan ldan mungkin bisa lebih tinggi menjelang Ramadan.

Meski demikian, lonjakan harga diprediksi menurun setelah hari raya Idul Fitri. Naiknya harga daging beku juga dari distributor yang menaikkan, jadi pedagang hanya mengikuti dan mengambil keuntungan seperti biasa. ”Memang pengalaman saya selama berjualan, kalau mau puasa naik terus. Turunnya setelah selesai lebaran,” ujarnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here