Harga Daging Sapi Naik Rp 10 Ribu

0
81
PEDAGANG daging sapi Ucok Pakpahan melayani pembeli dikiosnya. Harga daging sapi segar mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. f-alrion/tambunan

KARIMUN – Harga daging sapi segar di Karimun mengalami kenaikan Rp10 ribu per kilogram. Dari sebelumnya Rp150 ribu kini naik menjadi Rp160 ribu per kilo.

”Harga daging sapi saat ini sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 160 ribu per kilogram. Hal ini katena mahalnya biaya operasional membawa sapi dari Pekanbaru atau Sumatera Barat ke Karimun,” kata pedagang daging sapi segar di pasar, Ucok Pakpahan.

Ia menuturkan, penyebab kenaikan harga daging pertimbangan biaya transportasi pengangkutan melalui jalur darat dan laut.

Kata dia, permintaan daging sapi segar di Karimun tetap tinggi meskipun harga naik. Setiap bulan dapat menghabiskan lima sampai tujuh ekor sapi.

Setiap minggu bisa menjual satu ekor. Dengan total keseluruhan daging segar sekitar 80 kilogram ditambah bagian tulang dan lainnya.

Kualitas daging sapi segar di Karimun ia jamin layak konsumsi. Dituturkannya, sapi ke Karimun adalah sapi ternak dengan kandang bukan sapi yang dari peternakan atau sapi yang memakan bahan makanan olahan.

Murni sapi pemakan rumput. Sampai hari ini, peternak Karimun belum mampu memenuhi kebutuhan sapi di pasar Karimun sehingga mendatangkan dari luar.

Peternak Karimun dinilainya, lebih mengutamakan menjual musiman tahunnya pada saat peringatan Raya Idul Adha.

”Jarang dipotong untuk keperluan dijual di pasar,” tuturnya.

Ia meyakini, di akhir tahun ini, permintaan akan kebutuhan daging sapi segar mengalami peningkatan dari biasanya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here