Harga Daging Stabil Sambut Idul Adha

0
465
MEMOTONG AYAM: Salah satu pedagang ayam di Bincen sedang memotong ayam. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

Stok Ayam Aman dan Harga Turun

TANJUNGPINANG – Jelang Hari Raya Idul Adha, harga ayam potong turun Rp 1.000 per kilo. Dari harga awal sekitar Rp 38 ribu menjadi Rp 37 ribu per kilo. Turun harga ayam potong karena stok sudah aman sekarang. Ini sudah belangsung sejak dua hari terakhir di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang. ”Harganya sudah turun seribu per kilo,” kata Arif, salah satu penjual ayam potong kepada Tanjungpinang Pos di Pasar Bincen Tanjungpinang, Minggu (20/8).

Sebelumnya, stok ayam potong sempat berkurang atau sedikit di Tanjungpinang. Bahkan ia, sempat mendatangkan ayam potong dari Kota Batam yang stoknya masih lebih banyak. “Pasokan ayam potong sudah aman. Jadi, harga ayam turun,” ucap dia.

Disamping itu, ia belum berani memastikan harga ayam potong yang dijualnya bakal turun lagi atau naik disaat Hari Raya Idul Adha, Jumat (1/9) nanti. Menurutnya, turun atau naiknya harga tergantung dari stok ayam potong masuk ke pasar dari pemasok. Kalau pasokan berkurang dan langkah, otomatis harga ayam potong bisa naik. ”Saya belum berani katakan harga ayam potong nanti akan naik atau turun. Semua tergantung dari stok atau pasokan ayam potong,” sebut dia.

Berbeda dengan Buyung, salah satu pedagang daging sapi segar di Bincen menuturkan kalau menjelang Idul Adha harga daging sapi akan stabil. Yaitu 140 ribu per kilo. ”Kita tetap jual Rp 140 ribu per kilo. Tidak kita naikkan harga daging,” kata Buyung.

Menurutnya, moment Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri, sebab tidak akan terlalu banyak yang membeli. “Kalau Idul Fitri banyak yang membeli daging, kalau Idul Adha ada juga tetapu yidak banyak,” paparnya. Kini ia mengaku, masyarakat belanja daging sapi segar mulai sepi. Menurutnya, ini karena kondisi ekonomi atau daya beli masyarakat yang lesi. ”Sepi sekarang yang beli,” tuturnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here